Monday, October 31, 2011

Dapet kerja

Gue udah sering cerita kan, kalo gue udah apply-apply kerjaan dari jaman belom lulus. Bukannya kiasu loh ya, tapi emang orang-orang kayak gitu. Di angkatan gue itu, palingan cuma 20-30% yang gak sibuk apply kerjaan sebelum lulus. Itupun mereka udah mulai apply buat S2. Jadi intinya, mayoritas temen-temen gue itu udah mulai nyiapin mau ngapain abis lulus, jauh-jauh hari dari jaman belom lulus.

Gue pun gitu. Karna gue emang niatnya gak mau sekolah lagi, gue pun ikutan nyari kerjaan. Perjuangannya itu loh bok, apalagi pas ditolak. Macam ditampar bolak-balik aja rasanya. Dari pertama kali daftar, gue udah sempet ditolak 3 perusahaan (yang satunya konsultan, satunya lagi oil production). Selain itu, gue juga sempet loh “nolak” 2 perusahaan. Jadi ceritanya gue dipanggil buat interview tapi guenya harus ke luar kota buat kerja praktek. Selama kerja praktek itu ya, gue berusaha buat gak mikirin urusan nyari kerjaan, meskipun gue tau justru bulan-bulan segitu lagi peak seasonnya perusahaan buka rekruitmen, secara lagi musim lulus-lulusan. Tapi daripada menyesali keadaan, mending gue fokus kerja praktek sama belajar buat kompre.

Tapi gue percaya loh sama omongan orang “kalo jodoh gak akan kemana-mana”. Maksudnya, kalo emang udah nasib lo disitu, ya gimana pun caranya pasti akan dapet. Tapi kalo you don’t meant to be, ya gak akan dapet juga. Kenapa gue ngomong gini? Karna disaat gue lagi di luar kota dan gak mungkin ikutan aplikasi kerjaan, tau-tau aja gitu gue dapet 2 telpon sakti, dari 2 perusahaan yang berbeda.

Yang satunya itu, dari perusahaan consumer goods yang sempet gue ceritain di post sebelumnya (mari kita singkat jadi company A). Waktu itu dia minta interview, tapi berhubung gue bilang gue gak bisa ke Jakarta, dia bersedia loh interview by phone. Dan buat tahap yang memang mengharuskan gue hadir, dia mau loh nungguin gue pulang. Satunya lagi, ini lebih aneh lagi menurut gue. Jadi gue ditelpon sama perusahaan yang udah sempet nolak gue sebelumnya (atau company B). Entah apa alasannya, yang jelas gue lagi lari sore di suatu sore (ya iya dong sore, kalo pagi namanya lari pagi -__-) yang indah, dan tau-tau dapet telpon yang ngasih tau kalo aplikasi gue mau direconsider. Ya gue sih bilang iya-iya aja.

Ternyata oh ternyata, company A sama B ini cukup serius loh. Selang beberapa hari abis interview, gue dikasih tau sama company A jadwal interview berikutnya, nanti setelah gue pulang. Company B juga, gue langsung diminta medical check up di rumah sakit terdekat yang bisa gue jangkau (maklum gue kan lagi agak jauh ya dari peradaban). Singkat cerita, gue alhamdullilah keterima di dua company itu.

Gue sempet bingung loh akhirnya mau pilih yang mana. Yang satu gue jadi semacam salesman, yang satunya lagi gue jadi engineer. Dua hal yang berbeda. Yang satu udah jelas bakal relokasiin gue ke Surabaya+Manado selama 2 tahun pertama, yang satunya lagi belom jelas gue ditaro dimana. Tapi anyway, akhirnya gue sekarang memilih untuk jadi engineer, dan gue cukup bersyukur sama keputusan gue waktu itu.

Yang mau gue ceritain di sini adalah, kejarlah sesuatu yang emang layak dikejar. Maksud gue, kalo emang kita udah ditakdirkan buat sesuatu, ya kita pasti akan dapet. Tapi masalahnya, kalo kita gak usaha, kita gak tau mana yang bisa kita dapet, mana yang gak. Karna sejujurnya gak pernah sekalipun dalam bayangan gue, gue bisa keterima kerja sebelum gue lulus (dan akibatnya udah mulai kerja sebelum wisuda à gak sempet main ngerasain euforia lulus-lulusan). Tapi at least, gue selalu pengen dan fight for it.

Urusan selanjutnya, tergantung rejeki masing-masing kan?

1 comment:

Anonymous said...

SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASAH AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR MBAH SARTO,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI MBAH SARTO DAN AKHIRNYA MBAH SARTO MEMBERIKAN ANKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA MBAH SARTO SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN MBAH SARTO…BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI 082=378=607=111 MBAH SARTO.