Saturday, November 8, 2008

Empat Mata distop?

Lumayan kaget juga sih denger berita ini. Gue masih inget banget acara smack down di lativi yang akhirnya distop ama KPI, trus lativi ganti nama jadi tv one. Ga cuma acara-acara kekerasan yang distop, acara-acara yang berbau pornografi juga sempet diprotes, kaya Fenomena, Baywatch, sama acara-acara laen yang penayangannya kebanyakan malam hari itu. Ga ketinggalan juga sinetron-sinetron yang berbau mistis. Terakhir, acara komedi yang mempertontonkan hinaan, celaan, kata-kata yang sebenernya kasar tapi malah dijadiin bahan becandaan, contohnya Supermama, Extravaganza, dll. Iklan juga ga luput dari perhatian KPI, buktinya iklan XL versi kawin sama monyet dilarang penayangannya, trus juga iklan Ki Joko Bodo yang menjanjikan bisa ngubah nasib manusia dan seakan-akan mengabaikan agama.

Jujur gue jarang banget nonton Empat Mata, makanya pas denger berita ini gue penasaran kenapa acara kaya beginian juga ikutan distop. Ternyata di salah satu episodenya, Empat Mata ini menghadirkan bintang tamu Sumanto-si pemakan mayat. Bukan cuma itu, di episode yang sama, ada juga bintang tamu Ibu Lina, yang mempertontonkan adegannya makan ikan ama kodok hidup-hidup..euuuuww…

Trus gue langsung search di youtube, dan gue menemukan satu potongan episode Empat Mata pas adegan si Ibu Lina ini lagi makan kodok ama ikan hidup! Yayyy..kodoknya masih lompat-lompat gitu, trus dia makannya menikmati banget lagi. Gue aja disuruh bedah kodok pas sma berasa jiji banget, gimana dimakan yaa.. Hm, pantesan acara ini diprotes. Tapi yang gue bingung kenapa ampe distop ya, padahal acara laen paling cuma diprotes aja, ga sampe distop.

Ternyata Empat Mata ini udah beberapa kali dapet teguran dari KPI. Wew, ga nyangka ya, padahal kan acara komedi. Mungkin karna emang komedi sekarang tuh udah mulai agak kehilangan arah, jadi tayangan-tayangan yang sbenernya ga pantes, bisa aja disulap jadi komedi.

Banyak banget pro kontra tentang distopnya Empat Mata ini. Gue si ga pengen berpihak kemana-mana, cuma buat gue emang seharusnya Empat Mata ga nayangin adegan yang terlalu ekstrim kaya makan binatang hidup-hidup. Emang si ditayanginnya malem, tapi bukan ga mungkin kan anak kecil juga ikutan nonton. Trus kalo menurut gue, acara itu harus distop kalo tiap episodenya nayangin hal-hal yang aneh-aneh kaya gitu, tapi ini kan ga tiap episode. Apa mungkin karna peringatan berulang-ulang itu yah, makanya KPI sengaja bikin jera dulu pihak Empat Matanya, biar ga diulang lagi.

Sayang juga sih kalo acara komedi yang harusnya menghibur, malah menanamkan hal-hal yang justru kurang baik, dan kalo akhirnya distop, pasti banyak banget kan yang merasa dirugikan. Pelajaran juga kali yah, ga selamanya hal yang ekstrim bisa naikin rating, malah bisa berakibat sebaliknya.

Dan terakhir gue menemukan suatu kalimat yang lucu, “Kalo kodoknya pake digoreng dulu, tar malah jadi acaranya Pak Bondan dong?” huehehehehe…

No comments: