Monday, November 3, 2008

Kinologi


Hmm… Kira-kira apa yah artinya? Ayo tebak tebak.. Pertama kali denger istilah ini sih, terlintas di pikiran gue kalo ini iklan permen yang udah lama ga kedengeran, trus sekarang mencoba eksis lagi (hmm..kino promosi gratis nih). Tipikal iklan Indonesia yang nyambung-nyambungin semuanya, bahkan mereknya aja ditambain –logi biar lebih eksis dan ilmiah.

Hm ternyata bukan. Anda salah saudara-saudara! Kinologi itu adalah ilmu tentang anjing! Ya, tentang anjing. Kaget kan? Gue aja kaget. Apa gue yang lebay ya? Soalnya kan emang gue kurang demen ama anjing dan emang bisa dibilang agak jauh dari dunia peranjingan. Soalnya jauh aja gitu, dari anjing ke kino. Apa hubungannya? Anjing kan bahasa inggrisnya dog, trus paling latinnya canine yang deket ama carnivora. Trus? Setelah konsultasi ama oom google, ternyata si kino ini diambil dari kata kennel, kandang anjing. Ya lumayan deket sih, tapi tetep aja jauh..uhuehehehe…

Iya, jadi kinologi ini tu serba-serbi ilmu tentang anjing. Bahkan ada perkumpulannya loh! Namanya PERKIN (Perkumpulan Kinologi Indonesia), organisasi pencinta anjing yang kerjaannya melestarikan anjing-anjing trah di Indonesia dan macem-macem pokoknya yg berhubungan ama anjing deh.. Weleh weleh, gue malah baru tau ada perkumpulan kaya gini. Nah, sekarang PERKIN ini lagi concern banget sama anjing kintamani, yaitu anjing lokal yg lagi dalam proses pemuliaan di dunia kinologi internasional.

Berarti, pengurus-pengurus di PERKIN ini disebut kinolog yah? Ckck..keren keren..uhuehehehe… Bahkan sekarang di daerah Bogor ada yang namanya Rumah Terraria, yang mottonya “One Stop Dog’s Entertainment”. Wah, segitunya yah..

Kayanya anjing udah dapet perhatian khusus banget yah dari manusia. Secara anjing tuh katanya binatang yang paling bersahabat ama manusia, contohnya ngejagain rumah pas majikannya lagi pergi atau tidur (well, masih byk contoh lain sih, cuman ini yang paling familiar ama gue)…

Tapi buat gue, tetep aja anjing itu serem. Entah kenapa gue takut aja gitu ngeliat anjing (kinophobia bukan yah namanya?) Mungkin pas dulu kecil gue pernah liat tetangga gue digigit anjing kali yah, jadi ampe sekarang kebawa traumanya.. Bahkan dulu di jalan menuju rumah gue tu ada anjing jalanan yang tampangnya agak nyeremin buat gue. Demi ngehindarin tuh anjing, gue rela muter ngambil jalan jauh menuju rumah gue..ckck..segitunya..

Well deh, maju terus buat para kinolog.. Emang kayanya kita butuh deh organisasi kaya beginian, buat melestarikan binatang-binatang yang ada. Soalnya kalo semua orang kaya gue, yang notabene agak males kalo udah berurusan ama yang namanya binatang, trus mau dikemanain dunia perbinatangan Indonesia? uhuehehehe…

No comments: