Monday, January 19, 2009

Wisata kuliner: Lagi

Gue punya banyak cerita hari ini. Jadi dimulai dari (pendahuluan dulu ya) perwalian yang ga jadi, padahal gue udah ke kampus pagi-pagi. Akhirnya karna bete dan emang ga ada yang bisa dikerjain selain nunggu perwalian besok, gue ama temen-temen berencana buat pergi makan-makan, alias wisata kuliner.

Nih masuk ke inti cerita.

Tempat pertama yang kita kunjungi: Pempek Rama, di Jalan Rama deket IP.
Nah, kita memutuskan buat makan siang disini dengan berbagai alasan. Gue emang udah pengen kesini dari dulu, karna katanya terkenal enak. Dan ternyata di Jalan Rama ini ada banyak toko pempek, dan gue milih Pempek Rama karna toko ini masuk buku kuliner, dan dari nama
nya aja udah sama ama nama jalannya, berarti juara kan? Dan terbukti ya, emang pempek ama cukanya enak. Disini, gue makan kapal selam ama pempek tahu. Total: Rp 12000.

Berikutnya: Kuotie, di sebelah Pempek Rama.
Nah, karna kita masih belom puas kalo cuma makan pempek di jalanan yang banyak jual makanan ini, pilihan berikutnya jatuh ke kuotie ini. Dilihat dari poster, kuotienya juara deh, ukurannya aja gede banget. Bahkan ada tulisan "Pertama di Indonesia: Kuotie Superman". Jadi kita decide to give it a try. Disini kita pesen 1 porsi kuotie isi 10, yang harganya Rp 30000. Tapi karna makannya berlima, jadi seorang makan 2 potong (dasar ga mau rugi). Total: Rp 6000.

Berikutnya: Pempek Pak Raden, di seberang Kuotie.
Merasa belom puas, kita cobain makan di Pempek Pak Raden ini. Emang agak aneh si makan pempek lagi. Tapi gue sedikitpun ga merasa rugi, karna ternyata disini lebih enak! Awalnya si cuma pengen cobain rasa cukanya, bandingin ama Pempek Rama tadi. Makanya gue cuma pesen 1 pempek telor kecil. Tapi ternyata cuka disini lebih enak. Akhirnya, gue makan lagi (baca: nyomot) pempek lenggang punya temen gue. Mantep.. Total: Rp 3500.

Berikutnya: Rumah temen gue, Jalan Cipaganti.
Nah, disini, gue nungguin temen gue mandi. Dan sebagai tuan rumah yang baik, gue dikasih biskuit yang enak banget, didalemnya ada krim jeruknya. Slrrpp...

Makan siangnya selesai sampai disini. Dan tebak apa yang kita lakukan? Kita merencanakan perjalanan kuliner nanti malem. Aah, gue suka banget nih. Setelah rencana matang, gue pulang kos, tidur bentar. Jam 6, perjalanan kembali dimulai.

Tujuan pertama: Nasi Uduk 97, di Jalan Dr.Rajiman, kalo ga salah.
Nah, sesuai namanya, disini gue makan nasi uduk. Pake ayam goreng sama kol goreng. Dan gue memutuskan buat ga makan terlalu kenyang, biar masih ad
a tempat buat makanan selanjutnya. Nasi uduknya enak, ayam gorengnya mantep, kol gorengnya apalagi. Puas bener deh. Total: Rp 10.500.

Berikutnya: Pujasera, seberang Hotel Guci, di Jalan Pasir Kaliki.
Namanya aja Pujasera, makanannya macem-macem. Dan entah kenapa enak semua. Kita pesen wedang ronde, swike goreng mentega, sama kuotie. Hm, kayanya lebih dari sekedar cemilan deh. Tapi kita kan bertujuh, jadi saling coba-mencoba aja. Rondenya tuh enak banget, kacangnya berasa banget. Kuotienya juga, rasa cukanya tuh unik. Dan disini, gue cuma habis Rp 4000.

Berikutnya: Martabak di Jalan Pasir Kaliki juga.
Wuih, perjalanan berlanjut terus. Karna tadi di Pujasera ada martabak, jadinya kita terinspirasi buat cari martabak yang enak. Disini nih tempatnya. Kita pesen
martabak spesial pake wisman, 1/2 keju 1/2 coklat kacang. Ga cuma itu aja, gue turut mencicipi lumpia sama otak-otak temen gue yang ga kalah enaknya. Harga martabaknya Rp 46000. Dibagi bertujuh, jadi 1 orang Rp 6500.

Berikutnya: Rumah temen gue, Jalan Cipaganti.
Kita makan martabaknya disini, sambil maen-maen gitu. Awalnya sih pengen maen tenis meja ama billiard sambil makan martabak. Tapi malah jadi makan martabak sambil maen. Ternyata martabaknya tuh juara banget. Legit banget. Kejunya mantep. Coklat kacangnya juga luar biasa. Hmm, sip markosip surosip lah.

Berikutnya: Mie Tek Tek yang lewat depan rumah.
Ternyata jiwa para wisatawan kuliner belom puas s
ama makan malem yang banyak banget tadi. Bahkan dengan inisiatifnya yang patut diacungi jempol, temen gue, si tuan rumah, pesen nasi goreng, mi goreng, sama mi rebus. 3 porsi dibagi bertujuh. Tapi entah kenapa ya, enak banget. Keliatannya aja udah enak banget, ada sosis, telor, sama daging ayamnya gede-gede gitu. Wuih, kita seru banget serbu tu 3 piring tek tek. Dan karna dibagi bertujuh lagi, jadi seorang cuma bayar Rp 5000.

Berikutnya: kita kenyang mampus.
Tapi asik kan? Kalo ditotal, gue abis Rp 47500. Tapi bayangin kenyangnya. Puasnya sih kebangetan deh. Dari siang ampe malem. Sekarang gue terdampar kekenyangan. Gue ampe berasa susah gerak, dan kayanya besok pagi gue bisa ga sarapan nih. Hahahaha...senangnya hari ini. Puas makan deh gue. Dan gue juga berterima kasih sama temen gue, yang udah mau sopirin kita, juga rumahnya yang boleh dibikin berantakan plus berisik.

Yah, beginilah perjalanan gue selama 1 hari ini. Gimana? Tertarik? Kalo gue ya, bersyukur banget bisa wisata kuliner di Bandung. Soalnya makanannya banyak banget yang enak-enak dan khas, terus harganya juga ga gitu mahal. Hm, jadi pengen kan??

No comments: