Wednesday, February 25, 2009

Praktikum pertama di semester ini..

..dan gagal dengan sukses.

Entah kenapa yah, gue udah ga mood dari awal, bahkan sebelum gue masuk ke labnya. Setelah gue masuk, mood gue makin terserap sama zat-zat di dalem lab, dan gue makin ga jelas.

Awalnya gue berharap praktikum ini nyampah, seperti yang diceritain angkatan atas. Tapi ternyata, sama sekali ga! Metode kerja yang ribet, zat yang agak berbahaya, peralatan yang kurang banget, waktu pengumpulan data yang lama banget, dan asisten yang kayanya lebih suka ngobrol daripada jelasin atau bantuin kita. Lengkap kan?!?

Males banget ya kalo gue harus ceritain tentang praktikum hari ini. Tapi yang jelas, gue cuma mau tulis beberapa poin yang penting aja. Yang pertama, tangan gue kesirem larutan fenol, yang konon katanya bisa bikin kulit jadi kayak plastik gitu. Gue langsung shock banget pas fenolnya nempel di tangan gue, dan dengan lebainya ngambil segepok bubuk anti fenol buat diolesin ke tangan gue. Dan nampaknya, udah lama banget ga ada orang yang tangannya kena fenol, terbukti dari bubuk anti fenol yang udah mengeras, dan sempet bikin gue tambah shock.

Kedua, kelompok gue harus panasin 10 set larutan di atas panci yang ukurannya cuma cukup buat panasin 4 tabung! Dan emang tabungnya cuma 4! Pemasanan dilakukan dari suhu 25 sampe sekitar 65, dengan kenaikan suhu yang oh-my-God lama banget. Akibatnya, kita cuma bisa panasin 4 tabung, dan selagi nunggu itu terpaksa nganggur, bahkan ga bisa nyiapin larutan berikutnya buat dipanasin, karna tabungnya ga ada. Selain itu, panasinnya pake kompor yang apinya tetep kecil padahal udah dibuka sampe pol. Jadi wajar kan ya kalo selama nunggu panasin itu, gue nganggur?

Ketiga, asisten kelompok gue entah kenapa malah cuma duduk-duduk, trus ngobrol. Gue sempet (baca: ga sengaja) nguping, dan kayanya mereka lagi sibuk merancang suatu perjalanan rekreasi, karena mereka ngomongin "Eh, acaranya habis senam pagi trus apa?", "Hm, bawa apa aja nih?", "Oya, snacknya apa aja ya?", "Masalah catering udah lu urusin kan?, dan seterusnya.

Terakhir, masih tentang pemanasan, bahkan ada satu larutan yang pemanasannya ga kelar-kelar, bahkan sampe kita udah selesai ngebahas hasil percobaan, udah beres-beres alat, dan bahkan air buat panasinnya pun udah mendidih banget, sampe akhirnya tinggal setengah panci. DAN LARUTAN ITU BELUM PANAS JUGA! SUHUNYA GA MAU NAIK DARI 70 DERAJAT! Bahkan larutan itu adalah larutan pertama yang kita bikin dan kita panasin, dan ga kelar-kelar sampe 2,5 jam! Dan karna waktu praktikum udah abis, asistennya cuma bisa bilang "Ya udah, data yang larutan ini ga jadi diambil, pake larutan yang lain aja!" KENAPA GA DARI TADI AJA, KAK?!?

No comments: