Friday, April 16, 2010

Ni shuo han yu ma?

Beberapa hari ini, one of my friend keep talking Mandarin to me. Lucu juga sih, lumayan buat merefresh ingatan gue tentang bahasa Mandarin. Dulu (pas jaman-jaman gue masih ngeles Mandarin), gue getol banget loh ngafalin huruf-huruf Mandarin. Harus gue akui sekarang kemampuan gue ngomong Mandarin semakin berkurang, apalagi nulis hurufnya. Pengen ngeles lagi sih, tapi keinginan itu fungsi dari waktu. Artinya mau keinginan sebanyak apa juga, tetep aja waktu yang membatasi (ini apaan sih..?)

Bahkan karna gue udah lupa beberapa (banyak sih) kata-kata Mandarin, gue jadi agak mencampurkannya dengan bahasa Hokkian sama Inggris. Bahkan kadang-kadang ditabrak juga sama bahasa Tiociu-nya temen gue. Mau tau hasilnya? Ya kurang lebih kaya gini "I don't understand ni shuo shen me" atau "Tan a me wo yao khan hi".. Doh asli nyampur banget.

FYI ya, temen gue yang satu ini asli jago banget bahasa Mandarinnya. Secara ya bahasa rumahnya emang bahasa Mandarin. Hhh, gue bener-bener pengen ngeles lagi. Dan gue juga baru menemukan fakta bahwa soon bahasa Mandarin bakal jadi international language nomer 1. Inggris doang mah lewatt..

No comments: