Friday, September 24, 2010

Diservis kok malah rusak

Banyak orang (termasuk nyokap gue) yang bilang kalo punya kendaraan sendiri itu lebih gampang, mau kemana-mana gampang, pulang malem gampang, plus bisa muter-muter sambil kenal jalan. Gue setuju. Tapi ada juga yang bilang, punya kendaraan sendiri itu repot. Musti ngurus sendiri, perawatan, dan bla-bla-nya. Gue juga setuju.

+++++

Iya sih, emang perawatan itu penting, karna kalo sampe rusak, bisa tambah ribet deh urusannya. Menyadari betapa pentingnya perawatan buat kendaraan pribadi, 2 hari lalu gue bawa motor gue ke tempat servisnya, toh motor gue juga udah lama ga diservis. Harusnya sih tiap 2 bulan, kenyataannya motor gue udah ga diservis sekitar 8 bulan. Jadi mumpung ada waktu luang, gue bawa tune up dikit deh.

Selesai diservis, gue pun pulang dengan hati riang gembira. Oya, tidak lupa mengisi bensin. Motor gue ini udah lama banget ga diisi bensinnya, secara gue libur dan jarang dipake belakangan ini. Jadilah gue isi itu motor sampe full tank. Gue pun kembali melangkah (eh menyetir motor deh) dengan riang gembira.

Besok paginya gue seperti biasa ke kampus. Dan karna ada rapat mendadak yang mengharuskan gue pulang malem, jadinya gue baru pulang sekitar jam 10. Pas gue ke parkiran mau ngambil motor, loh kok indikator bensinnya low ya. Ya udah deh, gue biarin aja, mungkin error lagi (dulu sempet error sih sekali). Toh motornya bisa nyala, gue pun pulang seperti biasa. Sesampainya di depan kos gue, si motor mulai mogok-mogok gitu. Kayanya beneran ga ada bensin. Gue mulai curiga.

Pas udah diparkir di kos, gue coba buka tangki bensinnya, dan alamak! Kosong! Kering! Kerontang! Kok bisa? Baru juga gue isi trus gue pake ke kampus doang sekali. Wah ga bener nih. Gue langsung ngecek selang bawahnya, dan karna udah malem juga, udah deh gue tinggalin aja. Harusnya sih ada selang yang bocor.

Besok paginya, gue balik lagi ke pom bensin dan beli bensin lagi, kali ini pake botol. Gue mau ngetes beneran bocor ga sih motor gue. Pas gue tuang bensinnya, eh langsung ngocor aja gitu dari selang bawahnya. Ngocornya udah bukan tetesan lagi, tapi udah kaya orang k*nc*ng! Waduh ni pasti gara-gara malpraktek salah servis nih!

Udah deh gue langsung aja nelpon si bengkel dan minta ga mau tau gimanapun caranya itu, mekaniknya harus dateng ke kos dan benerin itu selang! Lah sebelum diservis ga kenapa-kenapa kok, masa abis diservis jadi muncul masalah begini. Plis deh demi apapun itu di dunia ini, gue ga mau tau! Akhirnya si mekanik dateng dan benerin. Katanya sih bensinnya ada kotoran jadi nyumbat si pelampung karburator. Gue sih ga percaya, lah gue isi bensin bukan sekali ini aja, masa bisa kebetulan abis servis gitu sih dapet bensin kotornya. Kayanya sih karna pas diservis kemaren ada yang lupa dikunci atau apa lah gitu.

Yang penting itu motor bener lagi deh. Emang bener ya, punya kendaraan pribadi itu ada enaknya, ada repotnya juga. Diservis kok malah rusak. Lain kali kalo ga ada masalah ga usah diada-adain deh, alias kalo ga kenapa-kenapa ga usah diservis.

No comments: