Thursday, September 23, 2010

Ngikut aturan kok susah

Pas liburan kemaren, gue dihadapkan pada kenyataan (berlebihan) bahwa gue harus ngurusin paspor gue. Oh dan sekalian sama nyokap dan ade gue.

Dan karna kebetulan gue juga lagi liburan 2 minggu, jadi kita punya banyak waktu buat ngurus itu paspor. Artinya ga masalah kalo kita musti bolak-balik kantor imigrasi, karna emang prosedurnya begitu. Dengan kata lain, kita memutuskan buat ngikut jalur resmi dan legal, tanpa biro jasa. Lagian hemat banyak loh, apalagi dikali 3 orang (tetep pelit).

Akhirnya kami laskar pelangi (eh salah ding) memutuskan buat ke kantor imigrasi rame-rame. Ga rame juga sih, cuma berempat kok. Ngambil nomer antrian, ngisi formulir, fotokopi surat-surat ke kertas ukuran A4 (which cost us Rp 5000 only for several pieces of paper!), nunggu lagi, ngasih dokumen, dan akhirnya dapet jadwal foto dan wawancara minggu depannya.

Yes, minggu depannya kita pun kembali lagi, bersama dengan hembusan angin sepoi-sepoi. Jadi jadwal hari ini foto ya? Oke.. Oh di surat panggilannya jam 11 ya? Okee.. Kita sampe di kantor imigrasi jam 10, jadi harusnya bakal dapet antrian awal nih. Nunggu dengan sabar sampe dipanggil. Tapi kok lama ya? Perasaan orang yang baru dateng udah pulang lagi. Mulai curiga.

Mulai ngecek-ngecek mencari apa yang salah. Dan berujung pada fakta bahwa disitu berkeliaran beberapa orang berdasi dan berpakaian rapi, memegang map tebal berisi formulir aplikasi paspor banyak orang, tanpa nomor antrian, dan diproses dalam waktu yang cepat. Bener-bener cepat. Mereka cuma ngasih map itu ke bagian kasir, menerima sejumlah kuitansi, trus ke orang-orang yang duduk-duduk santai buat ditanda tanganin, nganterin mereka ke ruang foto, nganterin mereka ke ruang wawancara, dan selesai. That simple. Ya, mereka lah yang namanya biro jasa.

Gue sebel, tapi pasrah aja lah. Ngeliat orang-orang yang datang dan pulang dengan cepat, ngeliat orang-orang itu aja yang bolak balik kasir-ruang foto-ruang wawancara, padahal disaat yang bersamaan mungkin itu adalah giliran gue. Tapi ya sudahlah, mungkin itu emang konsekuensi buat orang yang mau patuh sama peraturan.

Seperti terpasang di depan kantor imigrasi: "Patuhilah peraturan dengan tidak menggunakan jasa calo". Harusnya di spanduk itu ditambahin: "..., dan bersabarlah".

No comments: