Saturday, December 25, 2010

Christmas cards

Yup, sesuai judulnya, mumpung pas lagi musim-musim Natal gini. Somehow gue keinget kebiasaan gue dulu kalo masuk masa liburan gini, terutama Natal, Tahun Baru, sama Imlek.

Dulu, sekitar jaman gue SD, setiap mau Natal, gue pasti rutin ke toko buku atau stationery buat beli kartu ucapan. Ga cuma Natal, gue juga melakukan hal yang sama kalo udah mau Imlek. Ga heran makanya, sekarang di lemari gue ada banyak banget kartu ucapan, baik yang masih bersih belom ditulis, udah ditulis dan belom dikasih karna kelupaan, ataupun yang dapet dari orang.

Kalo inget jaman dulu, tuker-tukeran kartu ucapan emang heboh banget di sekolah. Kalo udah jem istirahat ya, pasti pada sibuk ngasih-ngasih kartu ucapan. Bahkan ada yang bawa seplastik penuh kartu, trus sibuk nyari orang yang sesuai sama nama di kartu itu. Udah gitu, minta balesan kartu. Sampe di rumah, bakalan sibuk milih kartu trus nulisin ucapan-ucapan. Ucapannya sengaja bahasa Inggris (yang boleh ngopi dari kartu lain) biar terlihat keren. Jangan lupa tulis nama di amplopnya, trus tempelin stiker.

Belom ada 2 hari, kartunya udah habis. Langsung deh beli lagi di stationery (itu makanya di lemari gue banyak kartu yang masih bersih, soalnya dulu belinya emang sengaja dilebihin). Makin keren lagi kalo ngasih kartu yang pop-up. Itu loh, yang kalo dibuka bisa keluar gambar 3D-nya. Ohya, kalo Imlek, kartunya biasa gue kirim ke keluarga di Medan, dan biasanya mereka kirim balik. Seru banget deh rasanya nungguin Pak Pos nganterin kartu ucapan. Lebih seru lagi kalo amplopnya masih wangi pas diterima. Kartu-kartu dulu kan makin eksis kalo ada wangi-wanginya.

Pop-up Christmas card
Courtesy of Send More

Tapi itu dulu. Sekarang? Simple, tinggal ngetik ucapan di HP, trus tinggal SMS. Atau kalo males, simpen aja SMS dari orang lain, trus tahun depan tinggal dicopy dan kirim deh. Pulsa terbatas? Gampang! Cari gambar greetings di internet, trus upload deh ke facebook. Tinggal tag-tag orang, tulis captionnya “Merry Christmas everyone!”, beres. Atau kalo mau ngucapin ke orang-orang yang lebih formal, misalnya dosen atau pembimbing KP, kirim email aja.

Bener-bener ya, perkembangan teknologi kerasa banget. Makanya gue agak gimana gitu pas ngeliat stand yang jualan kartu Natal di mal kemarin-kemarin ini. Bahkan ga ada yang mampir buat sekedar liat-liat. Kalo dulu aja, bisa 1 hall yang jualan kartu Natal, dan pengunjungnya rame banget. Jadi inget kata dosen gue, perkembangan teknologi adalah salah satu faktor eksternal penentu keberlanjutan suatu perusahaan. Contohnya aja kaset (yang sekarang udah digantiin sama CD), jasa pos (hari gini ga pake email?), mesin tik (terakhir gue ngeliat orang pake mesin tik itu di kantor polisi, itupun di sinetron), dan masih banyak lagi kan.

No comments: