Tuesday, December 28, 2010

Superstitious?

Meskipun gue bukan termasuk orang yang percaya hal-hal berbau-bau takhayul atau istilah kerennya superstition, tapi bukan berarti gue ga percaya. Oke, kalimat barusan emang terdengar agak bodoh dan redundant, tapi my point is, kadang-kadang gue percaya (atau paling ga, ikutan mikirin) tentang hal-hal begituan.

Contoh hal-hal yang sering diomongin dan bikin gue kadang-kadang ngeh, kebanyakan datengnya dari nyokap gue. Maksudnya, gue tau beberapa hal itu dari nyokap gue (doh kayanya kemampuan berbahasa gue mengalami degradasi deh). Contohnya aja ga boleh buka payung dalem rumah. Gue inget banget pas kecil gue diomongin nyokap kaya gitu. Trus pas gue nanya kenapa, nyokap gue jawabnya: Ntar bisa ujan di dalem rumah. Gue sih percaya-percaya aja (kecilnya aja udah gampang ditipu), tapi kalo gue pikir-pikir sekarang, ga ada hubungannya juga sih. Kalo di dalem rumah bisa ujan, brarti gentengnya yang bocor, ga ada hubungannya sama buka payung dalem rumah.

Bukan cuma itu, nyokap gue juga suka ngeluarin aturan-aturan aneh macam itu. Kaya jangan gunting kuku kalo udah malem (penjelasan paling logis yang gue dapet: kalo udah malem suka ga keliatan, takut salah potong. Tapi lampu apa kabar ya?), ga boleh niup suling kalo udah malem (katanya bisa keluar uler. Gara-gara aturan ini, dulu pas jaman sekolah masih ada ujian suling, gue belajar mati-matian pas siang), mulai sesuatu yang baru kalo bisa jangan hari Selasa, dan lain-lain.

Hal-hal begituan kadang emang ga ada penjelasannya sih, tapi selama ga ngerepotin, gue sih ikut-ikut aja. Dan kayanya hampir setiap orang ngikutin deh, contohnya aja masalah penomoran. Hampir semua orang setuju kalo angka 4 sama 13 itu kurang bagus, dan angka 8 itu angka baik. Di gedung-gedung (beberapa mal di Jakarta juga), angka 4 sama 13 suka dilewat. Habis lantai 3, lantai 3A dulu, baru lantai 5. See? Ternyata hal-hal yang belum ada penjelasan logis (atau udah ada ya?) kaya gitu udah socially accepted ya.

Hidup di lingkungan yang percaya hal-hal itu, gue kadang mau ga mau juga ikutan kebawa arus. Baru-baru ini, gue harus ngurus surat keterangan domisili buat apply kerjaan. Dan it turns out, bahwa ternyata tempat kos gue itu terletak di RT 04, RW 04. Gue ngerasa itu cukup menarik, jadinya gue berlanjut mikirin dan berusaha nyari hal lain, biar terkesan superstitious. Dan beberapa fakta yang gue dapet adalah, nomor rumah kos gue adalah 4, di kos gue ada 13 kamar, 4 di antaranya kosong. Dan akhirnya gue mulai maksa menemukan fakta-fakta kurang penting, kaya di kos gue ada 4 kamar mandi, penghuni selain anak kosnya ada 4 orang (2 pembantu, 1 tukang, dan 1 ibu kos), kunci yang dikasih ke gue ada 4 (kunci gembok, pager dalem, kamar, sama lemari). Selagi nulis post ini, gue juga sambil mikirin bahkan. Superstitious-kah?

No comments: