Saturday, February 26, 2011

Khas Bandung

Gue lagi gatel pengen makan-makan lagi, maklum lah kalo hobi emang susah kalo ga diturutin (alesan). Kali ini gue pengen makan sesuatu yang khas Bandung. Masa jauh-jauh ke Bandung ga pernah nyobain makanan khas sini. Jadilah gue nanya-nanya sama om google (kebanyakan nanya, lama-lama google-nya makin pinter nih), dan ketemulah 2 makanan khas Bandung ini.

Yang pertama, ada nasi timbel. Sebenernya yang namanya nasi timbel biasa aja sih, palingan juga nasinya dibungkus pake daun trus disajikan sama ayam tahu tempe dkk. Tapi kalo makan disini, pasti beda lah ya. Tujuan gue adalah Nasi Timbel Istiqomah di Jalan Ciliwung. Buat kesana ga susah kok, susuri aja jalan RE Martadinata, trus belok kiri ke Jalan Citarum (sebrangnya KFC Lombok), dan langsung belok kanan ke Jalan Ciliwung. Letaknya ga jauh dari ujung Jalan Ciliwung ini.


Begitu dateng, gue langsung disambut banyak banget pilihan lauk. Pertama, ditanya dulu mau nasi putih atau nasi merah. Gue sih milih nasi putih lah ya, bosen juga makan nasi merah di rumah (padahal sehat). Trus ditanya mau pilihan lauk apa. Pilihannya ada ayam (bakar/goreng), ati ampla, tahu, tempe, ikan asin, kering tempe, soun goreng, tumis sayuran, macem-macem pepes, perkedel (kentang dan jagung), dan ga lupa sambel. Bingung mau pilih lauk apa, gue akhirnya milih ayam bakar, tahu, tempe, sama kering tempe. Ga lupa minta sambel + lalapan. Nasi komplit itu harganya Rp 14.000.


Ga sabar pengen nyobain, gue langsung sikat deh itu nasi timbel. Rasanya ngeblend banget sama sambelnya. Oya, sambelnya ada 2 macem, sambel kecap sama sambel merah. Dua-duanya enak banget, pas banget dimakan bareng lauknya. Kering tempenya, mantep banget. Meskipun agak lebai ya minyaknya, tapi kacangnya berasa banget! Tapi sayangnya, ayamnya agak keras tuh dagingnya. Mungkin karna agak dingin kali ya (meskipun udah dipanasin). Next time kalo mau makan disini, siang-siang aja kali ya. Soalnya tempat ini udah buka dari jam 9 pagi.

Yang kedua, ada cuankie di Jalan Serayu. Cara kesitu juga gampang, dari Jalan RE Martadinata lurus aja, trus belok kiri langsung dapet Jalan Serayu (sebrangnya nasi kalong). Jangan ketipu sama portal yang dipasangin tanda dilarang masuk. Gara-gara portal ini, gue sampe muter dulu dari Taman Pramuka, padahal mobil lain cuek aja langsung belok.

Bentar, cuankie apa ya? Buat yang belum tau (gue juga baru tau barusan sih), cuankie itu mirip sama baso kuah. Bedanya, rasanya khas dan kuahnya juga ngaldu banget. Isinya juga ga  melulu baso, tapi ada campuran tahu sama pangsit. Cuankie Serayu ini ternyata terkenal loh di Bandung, katanya sih karna isinya macem-macem dan rasanya nendang. Gue pesen seporsi cuankie tanpa embel-embel ga pake ini atau pake itu, karna emang baru pertama kalinya makan cuankie. Ternyata seporsinya isi 6, ada siomay, baso tahu, 2 baso sapi, baso tahu digoreng, sama pangsit goreng.

Ini cuankie versi belom dikuahin
Siomaynya terlalu kenyal buat gue. Baso tahunya lebih pas menurut gue, karna siomaynya diisi ke dalam tahu putih. Jadi ga terlalu kenyal dan nyangkut di gigi karena dibalut tahu lembut. Yang paling noted tuh pangsitnya! Khas banget, pertama gue pikir itu kerupuk kulit karna bentuknya mirip. Ternyata itu kulit pangsit yang dilapisi tepung terigu (atau kanji ya?) trus digoreng. Hasilnya garing banget! Dicampur pake kuah tambah enak deh. Dan seporsi cuankie isi 6 itu harganya Rp 8.000. Relatif murah lah mengingat rasanya yang enak dan porsinya juga ngenyangin.


Begitulah perjalanan gue 2 hari ini nyobain makanan khas Bandung. More food articles coming right away! Cao.

No comments: