Sunday, July 10, 2011

Kuliner di Bontang

Masih live report dari lokasi gue kerja praktek, kali ini cerita tentang tempat makannya. Well, sebenernya gue kan ditempatin di apartemen, dan makan juga tiap hari sebenernya disediain. Tapi pengelola cateringnya kayaknya kurang ngerti esensi dari variasi menu, jadilah tiap hari pasti ada gulai, kari, kerupuk, dan sejenisnya. Fix itu-itu aja.

Karna kebosenan, makanya gue lumayan sering makan diluar. Awalnya sih berniat makan diluar aja, eh trus baru sadar makanan disini enak-enak juga loh ternyata. Tempat makan juga lumayan asik-asik. Nah ini dia beberapa tempat yang udah sempet gue kunjungin:

Kafe Singapur
Tempat makan ini namanya doang "kafe", aslinya sih tempat makan biasa. Lokasinya ada yang indoor, ada yang outdoor. Uniknya, ada patung merlionnya juga disini, makanya ga jarang ada orang yang kesini hanya untuk foto-foto. Well, suasananya sih oke punya. Makan di pinggir pantai, ngeliat merlion, hembusan angin. Makanannya, rata-rata seafood sih. Jadi, tempat makan ini sih lebih ngejual suasana sih. Fotonya udah sempet gue post somewhere in this blog.

Bontang Kuala
Kalo yang satu ini, konsepnya semacam perkampungan yang ada restorannya. Jadi buat masuk ke restorannya, kita musti jalan kaki. Mobilnya harus diparkir di luar, karna jalan menuju restorannya terbuat dari kayu aja. Kayu ulin namanya, katanya kayu paling kuat. Nah jadi sepanjang perjalanan menuju restorannya, kita ngelewatin rumah-rumah warga di atas air yang cuma ditopang kayu ulin itu. Seru deh. Sayang airnya kotor. Kalo bersih mungkin bisa berasa kayak di Venice kali ya. Anyway, makanannya juga rata-rata seafood sih, tapi enak, apalagi baronang bakarnya. Katanya disini sih mahal punya, tapi kemaren ditraktir sama dosen. Oya, sambal kerangnya juga mantep, dicampur sama sambal gami. Sambal gami itu cabe sama bawang merah yang disirem minyak panas. Muantap!


RM Melati
Nah, kalo yang ini sih katanya seafood paling enak di Bontang. Saking enaknya, sampe ada tiruannya, namanya Melati 2 sama Melati 3. Lokasi Melati yang asli ada di Jalan MT Haryono, sebrangnya Ramayana. Pertama kali makan disini, ditraktir dosen juga, dan itu enak banget (makanannya enak, ditraktir jadi tambah enak). Ada udang galah saus lada hitam (isi 3 harganya 70 ribu), kepiting, dan seafood lainnya. Udangnya book, mantep. Kepitingnya juga boleh lah, cuma menurut gue masih lebih enak yang di Kenari di Balikpapan itu loh. Tapi anyway, kemaren gue makan lagi nih disini sama anak-anak KP lainnya. Nih kisaran harganya. Oya, disini pisangnya gratis loh! Disajiin gitu di atas meja.

Kita mesen kepiting, baronang, cumi, sama cah kangkung
Itu dulu kuliner edisi ini. Masih banyak lagi loh kuliner khas Bontang yang udah dan blom gue cobain. More coming soon!

2 comments:

foodblog said...

kafe singapore lebih cocok untuk tempat nongkrong. apalagi kalau dipakai reunian tuh. seru. :D

Jalan Sambil Jajan said...

RM Melati enak. Tapi mahal. Kalau mau gratis ya ajak ortu kesana biar ortu yang bayar. Haha.