Wednesday, July 20, 2011

Lots of eating here

Yuk ah ngomongin makanan aja. Daripada bosen trus mati gaya disini. Kerja praktek kali ini gak gitu oke by the way. Entah apa yang salah, pokoknya berasa ga belong disini aja. Pengen cepet pulang trus ngeberesin ini itu yang seharusnya bisa diberesin kalo gue ga disini!

Anyway, ini dia makanan-makanan yang sempet gue icip-icip ditengah-tengah belantara ini (yak, sekarang disini berasa kayak di belantara).

Gorengan Bastino
Aslinya emang cuma gorengan biasa sih. Tapi yang bikin gak biasa adalah timeline di twitter. Yak, gue kan follow itu yang ada kuliner-kulinernya. Dan gorengan yang satu ini banyak banget disebut-sebut. Hampir tiap hari bisa muncul di timeline. Mulai dari "panas-panas gini enaknya ngebastino dulu ah", trus "hujan-hujan dingin gini paling enak makan bastino!", sampe "weekend gini ya bastino lah". Semua aja di-bastino-in! Jadi si bastino ini katanya gorengan terenak di Bontang. Pas gue coba, ya emang enak sih. Gorengannya super gede (tepungnya sih yang banyak), harganya aja 1.250. Tapi bener loh, makan 4 aja kenyang! Pilihannya ada pisang, tempe. tahu isi, sama bakwan (yang kalo disini namanya ote-ote). Oya, khasnya disini tuh bumbu cocolannya, kayak ada petis gitu. Dan emang bener loh kalo gorengan ini katanya super laku, sampe ada warungnya segala. Jarang-jarang kan orang buka warung trus jualan 4 macem gorengan doang.


Lontong sayur rumah sakit
Yak, emang agak aneh ya nyari lontong sayur aja ampe ke rumah sakit. Eh tapi tau dong seenak apa itu lontong kalo nyarinya aja sampe ke rumah sakit. Bukan bukan, yang ini bukan dari twitter. Tapi dari rekomendasi temen gue yang gue juga ga ngerti kenapa iseng banget ke rumah sakit cuma buat beli lontong. Jadi lontongnya itu ada di kantin rumah sakit di kompleks sini. Nah gue dengan isengnya sampe minta dianter loh buat mampir ke rumah sakit ini di jam kerja hanya demi lontong sayur yang katanya enak itu. Jadi khasnya adalah, si kuah lontongnya tuh ada ebi sama potongan udangnya. Ga gede-gede amat sih, cuma cukup berasa lah. Lontongnya sendiri sih biasa aja ya kalo menurut gue, cuma karna dimakannya dengan ekspektasi tinggi, ya jadinya enak.


Tahu campur
Nah yang satu ini katanya sih makanan khas surabaya. Tapi gue ga ngerti deh entah kenapa banyak banget yang jualan tahu campur disini, sampe jadi kayak makanan khas sini. Mungkin ada benernya ya kata dosen gue, disini tuh malah banyak banget orang Jawa Timur. Ya dimaklumi lah selama masih sama-sama "timur". Anyway, tahu campur ini ternyata tahu dipotong-potong trus dikasih kikil dan disiram kuah kaldu begitu. Definitely bukan makanan gue deh. Soalnya bayangan gue tuh tahu dicampur apa kek gitu trus dikasih bumbu kacang.


Coto Makassar
Nah ini juga. Super banyak yang jualan comak disini (tuh gue udah jadi anak gaul bontang, sampe nama makanan aja disingkat-singkat, dohh). Karna penasaran, gue pun cobain. Nyobainnya juga ga sengaja sih. Kebetulan lagi ada bazar kemaren di kompleks sini, kalo comak yang paling enak sih katanya ada lagi restorannya di luar kompleks. Ternyata si comak ini isinya 2 ketupat dan 1 lontong (bayangin betapa kenyangnya makan beginian) dikasih daging sapi (yang gue curigai adalah kikil) dan disiram kuah santan gitu.


Pizza
Ada pizza di bontang! Terdengar norak, tapi cobain deh hidup disini selama dua bulan. Mungkin lo akan lompat-lompat begitu ngeliat ada pizza atau mcD atau jco atau breadtalk disini. Oke oke, anyway disini ada yang jualan pizza, nama kafenya Magnificent7. Isinya makanan barat-barat gitu lah, mulai dari pizza, spaghetti, steak, dan sejenisnya. Ohya, disini tuh ada menu yang lumayan menarik: iga bakar madu. Ntar kalo gue udah makan gue ceritain yak! Btw, pizzanya lumayan enak lah (entah karna emang enak atau efek udah lama gak makan). Pizzanya tipis, dan saosnya nampol banget. Oya, ada 4 pilihan: beef fiesta, meat lovers, tuna, sama chicken bbq. Karna temen sekamar gue pantang makan sapi, dan tuna bukan pilihan, jadi gue beli yang chicken bbq. Enak kok rasanya.


Yuk ah, gue mau cari-cari makanan lagi, ntar gue laporan lagi yak. (Tuhan kapan gue pulang ini, mau pulang secepetnyaaaaaaa).

1 comment:

makan gorengan said...

Kalau makan gorengan Bastino harus pesan minuman Es Susu. Enak loh. :)