Saturday, July 30, 2011

Saatnya pulang!


Pulang dulu lah kita. Bosan sudah.. Udah 2 bulan nah disini (tuh liat bahasa gue aja udah mulai terpengaruh). Oke, saatnya reset ke logat awal.

Akhirnya setelah 8 minggu gue disini, beres juga urusan KP gue. Meskipun kalo ngikutin jadwal seharusnya gue masih ada seminggu disini, tapi berhubung kerjaan gue udah beres dan gue udah presentasi, lagipula gue udah "diusir" juga dari sini, ya udah lah ya pulang aja. Soalnya pas gue tanya ke bagian HRD-nya kalo udah beres presentasi sebelum masa KP habis gimana, dia bilang "oh pulang aja, lebih cepat lebih baik". Ya itu 20% ngusir lah ya. Lagian dengan gue nambah disini, cost mereka juga nambah loh. Denger-denger, biaya mereka buat satu orang KP aja bisa sampe 25 juta.

Nah, gue sendiri juga ngerasa udah saatnya pulang lah ya. Masalahnya, udah kebanyakan masalah disini. Yup, selama gue disini ya, udah too much problems sama kekacauan yang gue sama temen-temen gue buat disini. Bahkan sempet beberapa kali ditegur. Makanya gue ngerasa disini kok banyak bener ya aturannya. Kalo yang penting-penting sih oke lah gue juga ngerti. Tapi kalo aturan gak penting macam gak boleh duduk-duduk di lobby itu kan ngerjain namanya.

Anyway, gue sempet beberapa kali ditegur nih selama disini. Masalahnya macem-macem. Nih gue ceritain ya.

1. Ngajak temen nginep di kamar
Iya jadi ya, temen gue kan ada juga tuh yang KP di Bontang tapi beda perusahaan. Nah berhubung perusahaannya dia agak kere ya fasilitasnya, jadi dia sering main-main tuh ke tempat gue. Secara kan apartemen gue oke punya ya (tuh promosi gratis). Apalagi gue sekamar cuma sendiri, soalnya partner KP gue cewek kan. Jadi deh ada ranjang nganggur. Nah, weekend pertama di Bontang tuh dia nginep di kamar gue. Besok paginya, si temen gue (yang berasa udah jadi anak KP perusahaan gue jadinya eligible buat fasilitas-fasilitasnya), nyobain tuh ke rumah sakit buat nyabut jahitan lututnya. Gak urgent sih, cuma mumpung gratis kan. Gara-gara mau ke RS trus nanya sama si resepsionis gimana arahnya, ketauan deh kan kalo dia nginep. Soalnya gue tuh gak tau kalo gak boleh bawa temen nginep. Kena deh ditegur.

2. Ngajak temen makan di mess hall
Nah ini juga nih. Ya sepaket lah ya, nginep ples numpang makan juga di tempat gue. Sejak ketauan nginep dan ditegur, udah tuh dia gak pernah lagi. Paling banter juga dateng sampe malem trus pulang. Tapiiii, urusan numpang makan tetep jalan. Jadi sering banget habis pulang kantor dia mampir cuma buat makan malam. Atau kalo weekend, bisa numpang mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, sarapan, makan siang, sampe makan malam lagi! Dahsyat kan. Ujung-ujungnya ketauan pas udah akhir-akhir mau pulang. Jadi entah gimana ceritanya, si tukang jaga mess hall berfeeling kalo temen gue itu bukan anak KP sini. Jadi deh gue yang ditegur.

3. Bawa motor ga pake SIM
Jadi transportasi di tempat KP gue tuh suse bener. Buat keluar dari kompleks perusahaan, gak mungkin jalan kaki karna jauh banget (eh tapi gue pernah loh jogging dari luar ke dalem, iseng abis). Minta dianterin mobil shuttle, kebanyakan selalu gak diladenin. Bisa sih nyewa motor, tapi gue gak bawa SIM. GAK BAWA SIM! Bodoh banget gak sih. Jadi deh gue selalu mengandalkan temen gue yang bawa SIM buat boncengin gue. Nah suatu hari menjelang udah mau pulang, gue nekat tuh bawa motor. Alesannya, udah kangen nyetir motor (gak, gak dibuat-buat kok). Jadi deh kan gue bawa motor sambil bonceng temen gue. Eh sial banget, pas mau balik ke kompleks, malah polisinya minta liat SIM gue! Padahal temen gue yang ber-SIM gak pernah dicek. Nah kan kan, kena kan gue. Untung ga diapa-apain, cuma dinasehatin aja. Dinasehatin loh, bukan ditegur, soalnya gue bawa fotokopian SIM gue. Ya gak legal sih, cuma gak ilegal-ilegal banget lah.

4. Ketinggalan kunci di lobby, trus lobbynya dikunci
Kalo yang ini sih kerjaannya temen sekamar gue. Jadi menjelang gue udah mau pulang gitu, gue dapet temen sekamar yang kebetulan dia datengnya sendirian (biasa kan berdua-berdua tuh datengnya trus langsung ditaro sekamar). Karna anak baru kan yah, jadi dia masih belom paham aturan di apartemen gitu. Jadi sekamar kan cuma dikasih satu kunci, kalo orang sekamar itu pergi dan gak bareng, biasa kuncinya dititipin di lobby biar ntar yang pulang duluan bisa masuk kamar. Nah si lobby ini tutup jam 10 malem. Dan suatu malem kena kan tuh, si temen sekamar gue pergi sembayang, dan gue seperti biasa sebagai anak gaul Bontang, jalan-jalan dong ah. Ceritanya si temen gue itu udah pulang sebelum jam 10, tapi dia entah main ke kamar siapa dulu gitu, jadinya dia gak ngambil kunci kamar. Sampe gue pulang jem 10an, gak bisa masuk kamar, dan dia baru ngeh kalo lobby udah dikunci. Otak kriminal gue langsung pengen ngebobol aja itu kamar. Sedangkan otak religiusnya temen sekamar gue menyarankan gue buat telpon securitynya nanya harus gimana. Bener juga ya! Akhirnya, ada bapak-bapak (kayaknya sih facility leader gitu ya) dateng ngebukain lobby. Anehnya, itu kunci gak ada di lobby, jadi kepaksa deh pake kunci cadangan. Ternyata eh ternyata, si kunci itu dititipin ke kamar sebelah gue! Ini banyak banget deh pihak yang sok tau.

5. Internetan di lobby
Nah yang ini sih peraturan yang agak aneh ya. Jadi gue kan orangnya stay connected banget gitu yah. Internetan mulu aja gitu kerjaannya. Dan secara kamar gue letaknya agak ujung jadinya gak dapet wifi, rajinlah gue duduk-duduk di lobby buat internetan. Eh diomelin aja gitu sama resepsionisnya. Katanya gak boleh duduk disitu internetan. Lah namanya aja lobby! Buat apa dong kalo bukan buat duduk-duduk? Hhhh bilang aja si resepsionis takut ketauan main solitaire mulu kerjaannya!

6. Pake jeans di kantor
Ini juga aneh bener deh. Jadi gue kan KP di pabrik yah. Menurut kalian aja deh, di pabrik kostumnya gimana? Celana jeans dong yah. Iya kan iya dong bener kan bener dong? Jadi deh gue berangkat KP dengan bekal celana jeans, plus 1 celana jeans yang penampilannya agak mirip celana bahan, tapi ya tetep aja celana jeans. In short, gue gak bawa celana bahan! Sampe disitu, gue dikasih tau sama engineernya, si pak bos suka ngomel kalo ngeliat orang pake celana jeans. Nah loh! Gara-gara itu, gue sampe gak pernah ngadep pak bos, kalo berpapasan sama dia di jalan, gue lebih memilih belok biar gak jadi pas-pasan. Pas presentasi akhir, gue sampe pinjem celana bahan orang, dan si pak bos gak dateng! Hahaha.

Gitulah kurang lebih cerita KP gue yang lumayan bermasalah. Udah lah, gue cuma pengen cepet pulang trus laporan beres trus lulus!

No comments: