Friday, August 12, 2011

Field trip, ke pasar

Heyho apa kabar sih kalian? Kalo gue sih, baik. Baru pulang nih, dari pasar. Bukan, bukan abis belanja. Abis seleksi kerja. Nah loh.

Iya, udah tau kan kegiatan gue akhir-akhir ini selain kuliah? Apply-apply kerjaan. Karna hampir mepet banget sama deadline (deadline versi gue: lulus), gue hampir masuk dalam state yang sama orang-orang akhir ini disebut mure, alias murah, alias murahan, alias tebar kemana aja trus liat mana yang dapet. Salah satunya yang gue tebar (CV loh ya, bukan pesona), adalah perusahaan yang satu ini. Namanya cuma 2 huruf, bergerak di bidang consumer goods gitu deh. Hayo apa hayo?

Jadi ceritanya sih awalnya gue diundang buat ikutan career daynya si perusahaan ini. Mumpung gue sempet, dan acaranya juga gak jauh dari kampus, ya udah deh gue dateng. Eh ternyata di acara itu sekaligus juga ada test masuknya. Yaudah sekalian gue ikutan deh. Tanpa maksud apa-apa loh. Lah gue juga gak tau ini posisi persisnya bakal jadi apa, job descnya apa, bla bla bla. Iseng-iseng berhadiah aja gitu.

Eh ternyata gue lolos ke tahap berikutnya. Mulai deh itu interview ini itu, baru deh gue tau sesungguhnya posisi apa yang gue apply. Judulnya customer business development. Udah itu doang yang gue tau. Tapi gue gak paham sesungguhnya apa yang harus dilakukan oleh seorang customer business developer (kurang pas ya posisinya, biarin aja gak usah protes). Sampe pada suatu tahap (yang katanya sih tahap terakhir), field assessment. Kata orang HRD-nya, gue disuruh dateng aja ke kantor, ntar bakal dianter ke “field”. Pakaian casual aja.

Nah gue pun bingung loh. Pengertian casual buat gue tuh luas loh. Kostum ke mall, casual. Kostum ke warung, casual. Kostum ke warnet, casual. Kostum kuliah, casual. Meskipun beda look, tapi tetep aja casual kan. Tapi anyway lah, masalah baju sih no big deal. Yang bikin gue penasaran adalah, mau dibawa kemana nih gue. Apa lagi yang mau diuji nih?

Sampai pada sehari sebelum field assessment itu, gue diemail gambar peta dan disuruh langsung dateng ke tempat itu. Wih seru ya kayak main amazing race, gue pun ngecek sesungguhnya tempat apa itu. Oh ternyata nama tempatnya distribution centre. Yowes lah, gue pun datang dengan hati riang, sambil membawa genderang, melihat indahnya bintang, ditimpali cahaya remang. Sebentar, ngelantur lagi.

Dan tebaklah kayak apa perwujudan “distribution centre” itu. Nyari tempatnya aja susah loh. Soalnya dalam bayangan gue ya paling gak ada bangunannya gitu loh ya. Ini sih cuma tanah lapang gede, trus agak daleman dikit ada semacam bengkel gitu. Kaget juga loh gue pas ngeliat pertama kali. Tapi ternyata dalemnya beneran banyak stok-stok barang. Dan ada semacam kantor gitu juga, buat urusan administrasi ala kadarnya. Baiklah, gue pun nunggu orang yang udah janjian mau ketemu. Sambil nunggu, gue ngeliat-liat keadaan sekitar sambil nebak-nebak kira-kira gue disuruh ngapain. Eh ternyata ada semacam warung kecil gitu, nampaknya kayak lokasi buat simulasi sesuatu soalnya isinya semua produk dia. Hm bisa jadi pengetahuan gue tentang produk-produk dia bakal diuji. Atau mungkin gue disuruh simulasi jualan?

Nunggu nunggu nunggu, akhirnya dateng juga itu orang. Ngobrol basa-basi bentar, gue pun diajak pergi. Ke mana? Ke pasar. PASAR? Baiklah. Pikiran gue melayang lagi. Doh gak lucu juga nih kalo gue disuruh simulasi jualan di pasar, ke konsumen beneran. Atau even worse, gue disuruh jadi semacam mbak-mbak spg berbaju ketat di pameran mobil/rokok gitu, trus teriak-teriak di tengah pasar: “Shamponya bu. Deterjen juga ada. Shaving cream buat Bapak juga ada. Silahkan silahkan.”

Sampe di pasar, gue langsung diajak ketemuan sama satu sales. Jadi si sales ini lagi mau ngecek stok barang di toko, sambil nawarin beli barang lain. Dan gue cuma disuruh observe aja. Huah lega dikit. Paling gak gue gak usah teriak-teriak di tengah pasar. Ternyata gini toh kerjaan yang gue apply. Jadi semacam sales, awalnya tawarin produk ke pasar, tapi ntarnya bakal disiapin buat nanganin stok di hypermarket. Terus langsung keinget kata-kata si Bapak yang nemenin gue ke pasar tadi: “Kamu udah pikir baik-baik belum? Kamu lulusan ITB loh kerja beginian.” Nah loh.

Selesai field trip, gue diajak makan sama si Bapak. Bapaknya baik banget deh. Belom juga gue keterima, udah diajak makan. Terus sambil makan, dia cerita. Ceritain kerjaan dia, gimana awalnya yang kayak sales itu, sampe sekarang jadi penanggung jawab distribusi stok se-Jakarta Barat. Gue jadi ikutan mikir (sebenernya kepikiran sih sama omongan si Bapak), tentang kerjaan ini. Besokannya, gue ditelpon sama si perusahaan, dan dikasih offering letter. Hal pertama yang gue liat, tebak apa? Gue langsung liat salary-nya dulu, dan ternyata gede loh boook. Padahal kerjaannya kan sales gitu yah. Well, terlepas dari akhirnya gue ngambil kerjaan ini atau gak, ini pengalaman baru loh buat gue. Kapan lagi deh seleksi kerjaan di pasar?

No comments: