Tuesday, November 25, 2008

Kuliah hari ini ditiadakan. Jadwal pengganti ditentukan kemudian.

Kalimat itu udah ga asing lagi di kuping gue dan mahasiswa lain pastinya. Dan makin kesini, makin sering aja gue denger kalimat itu. Bahkan tadi pagi, gue bangun jem 7 dan dapet sms yang bunyinya kaya gitu. Dan yang selalu bikin gue bingung adalah: Apakah gue harus seneng atau ga?

Alasan kenapa gue harus seneng adalah, dengan batalnya kuliah hari itu, pastinya gue jadi lebih nyantai dan bisa ngerjain yang laen. Tapi jadi beda kasus kalo pembatalan itu dilakukan ketika gue SUDAH berada di kampus. Karna kalo gue uda di kampus dan ga ada kuliah, gue bisa berubah jadi manusia yang tidak produktif, alias gue ga bisa ngerjain apa-apa yang menurut gue berguna. Ujung-ujungnya gue ngobrol, ketawa-ketawa, atau ke kos temen trus nonton, kaya kemaren.

Entah kenapa ya, dosen-dosen tu demen banget batalin kuliah dengan alasan apapun. Dan ujung-ujungnya mereka tinggal ngomong, "Coba kalian diskusikan kira-kira kapan kita bisa mengadakan kuliah pengganti?"

Well, untuk mendiskusikannya, ada banyak kendala. Satu, susah ngumpulin semua orang buat ngomongin hal yang mungkin ga semuanya peduli. Dua, susah buat nentuin satu waktu, karna jadwal kuliah masing-masing kan bervariasi. Tiga, waktu yang kita ajukan belum tentu sesuai ama si dosen. Dan kalo uda kaya gini, ujung-ujungnya kuliah pengganti ikutan dibatalin juga.

Gue si nyantai aja, tapi gue sangat tidak nyantai kalo si dosen tau-tau bilang, "Yak, minggu depan kita ujian!" Nah loh, ngajar aja jarang-jarang, ko malah ujian?

Ini pasti konsekuensi dari hebatnya nama besar ITB yang selama ini dibangga-banggakan dosen-dosen. Mereka selalu bilang, kalian mahasiswa terbaik bangsa lah, kalian punya kemampuan lebih lah, kalian harus mampu belajar sendiri lah..

Itulah kalo orang terlalu bangga ama sesuatu dalam dirinya, mereka jadi lupa sama yang lain, bahkan lupa kalo mahasiswa sebaik apapun ya tetep aja manusia. Itu menurut gue loh..no offense..huehehehe...

No comments: