Thursday, April 2, 2009

Praktikum ow-em-ji

Hari ini gue praktikum tentang kafein. Jadi ada teh gitu, mau diekstrak kafeinnya.

Bukan, gue bukan mau cerita tentang cara kerja atau betapa bergunanya praktikum ini buat kehidupan gue. Tapi gue mau cerita tentang kekacauan yang terjadi, dan menurut gue ini lebih seru =)

Gue udah males sama praktikum ini dari awal. Ngeliat modulnya aja bikin males. Panjang benerr. Trus cara kerjanya panjang banget. Banyak banget yang musti dikerjain.

Kekacauan pertama dimulai dari si asisten, yang ngasih perintah pertama aja udah plin plan.
Asisten : Siapin air panas ya, pake gelas kimia! (sambil nunjuk gelas kimia 400 ml)
Kita : (ngambil gelas kimia, isi pake air, dan mulai panasin)
Asisten : Kok gitu? Panasinnya pake panci! Volumenya seukuran gelas kimia.
Kita : Ooh gitu maksudnya. (tuangin airnya ke panci)
Asisten : Eh, panasinnya 150 ml aja deh, ga usah banyak-banyak.
Kita : Ha? (mulai bingung, trus buangin airnya, dan isi lagi 150 ml)
Asisten : Ngerti kan maksudnya? Panasin airnya 150 ml aja. Eh, terserah kalian deh! Pokoknya jangan ampe lebih. Kalo kurang gapapa.
Gue : (dalam hati) Ya udah, panasin aja setetes!

Praktikum pun dimulai. Ambil teh, larutin dalam air panas, tambahin natrium karbonat, semua berjalan lancar sampai bagian pemisahan. Jadi prosedur yang bener itu, larutan yang udah diaduk didiamkan 7 menitan, abis itu didekantasi. Tapi si asisten ini tau-tau dateng aja ke meja gue, trus bilang "Ya ampun! 7 menit? Kelamaan! Sekarang aja! Jangan lama-lama deh. Hajar bleh!"

Ya gimana mau didekantasi kalo belom mengendap. Mau pake kertas saring, males kelamaan. 250 ml man.. Bisa-bisa ampe besok baru kelar kalo pake kertas saring. Akhirnya kita pun dekantasi pake cara yang aneh banget, mirip orang lagi masak mi, trus mau misahin mi sama kuahnya. Tapi bedanya ini bukan mi! Ini serbuk teh yang ga larut yang ukurannya jauuuuh lebih kecil daripada mi. Hasilnya, meja semua berantakan sama cairan teh yang tumpah-tumpah, uda gitu jas lab gue juga jadi ikutan jorok. Euww...

Langkah berikutnya, ekstraksi. Larutan teh tadi ditambahin diklorometan (yang baunya nyengat banget!) trus dikocok-kocok. Karna sebelumnya ga dicontohin sama asistennya, yaudah kita sotoy aja ngocok seenak jidat. Trus tiba-tiba asisten dateng.
Asisten : Bwakakakakakakk... Kalian ngapain? Liat nih, gagal nih percobaan kalian!
Kita : (tampang bingung, ga ngerti) Apaan Kak?
Asisten : Cara ngocoknya bukan gini (sambil peragain ngocok seenak jidat tadi)
Gue : (dalam hati) Yaelah udah tau salah malah tambah dikocok begitu. Gilak!
Asisten : Nih begini ngocoknya (sambil meragain cara ekstraksi yang baik dan benar)
Kita : Ou, gitu Kak.
Asisten : Iya. Udah sekarang ganti larutannya. Gagal nih kalian! (pergi dengan tampang puas ketawa)
Gue : Ganti? Setelah susah-susah dekantasi ampe ngotorin meja ama jas lab? Gak! Mending pake sisanya aja deh. Larutannya kan masih sisa.
Temen-temen gue : Setuju!

Kita pun buang larutan yang tadi. Trus ganti sama sisa larutan yang untungnya masih ada. Dan pas buang larutan itu, dengan santainya gue tuang semuanya ke wash bak. Yang gue baru tau kalo itu ga boleh. Untung ga ada asisten. Langsung gue siremin air aja, menghilangkan jejak..huehehe... Sialnya tangan gue ketumpahan larutannya lagi. Itu kan ada diklorometannya. Hasilnya sekarang tangan gue rada kuning-kuning ga normal gitu. Sial!

Lanjut ke step berikutnya. Jadi kelompok gue udah kelar ekstraksi. Dan itu lama banget! Ngocoknya aja pelan-pelan, nunggu ampe gasnya abis, dan gasnya ga abis-abis. Bete gue. Dan gue yakin tadi gue kehirup gasnya itu tadi. Dan gue baru sadar kalo itu gas metan, dan... toksik! Mati gue.

Berikutnya adalah masukin kalsium klorida anhidrat ke dalem ekstraknya. Dan karna ga ada petunjuk jelas tentang seberapa banyak masukinnya, dan takut salah lagi (karna kalo salah brarti mesti ngulang dari awal, yang berarti jas lab gue kotor sia-sia), gue pun nanya si asisten.
Gue : Kak, ini masukinnya berapa banyak?
Asisten : Apa? Kalsium anhidrat? Hm, terserah. Pake perasaan kalian aja.
Gue : ...

Bayangin ya, bahkan seorang asisten nyuruh kita kerja pake perasaan! Ow em ji! Merasa ga puas, gue nanya kelompok sebelah, dan gue dapet jawaban yang agak memuaskan, sampe warnanya berubah jadi coklat.

Selesai sama kalsium anhidrat, sekarang didistilasi. Kita pada sibuk nyusun alat distilasi. Dan si asisten dengan gaya nyebelinnya cuma duduk di depan kita ngeliatin kita, dan kadang-kadang ketawa. Seakan-akan kita lagi ngelawak. Dan gue rasa akan lebih lucu lagi kalo gue lempar kondensor ke muka dia. Mungkin ketawanya bakal lebih kenceng.

Kelar distilasi, saatnya timbang hasil. Bayangin ya, dari 250 ml larutan teh, cuma didapet 0,06 gram kristal kafein! Ow em ji, ini percobaan udah hasilnya dikit, cara kerjanya ribet, zat-zatnya agak berbahaya, asistennya begitu pula, komplit sudah.

No comments: