Friday, November 20, 2009

Ketika maling kos berkeliaran

2 kali kos gue kemalingan, 2 kali juga gue ngeliat dengan jelas muka pelakunya.

Doh, keamanan makin jadi barang mahal akhir-akhir ini. Bahkan di lingkungan tempat gue tinggal sekarang, keamanannya bener-bener patut dipertanyakan.

Sekitar setengah tahun yang lalu, di suatu pagi, gue seperti biasa lagi sarapan dengan posisi duduk di tempat tidur dan menghadap ke jendela. Semua biasa aja, sampai gue melihat sosok abang-abang yang menurut gue agak aneh dia berada di kos gue. Si abang-abang itu lewat depan kamar gue. Mau ngapain coba? Gerak-geriknya juga aneh, kayak orang ga ada kepentingan. Gue sih cuek aja, sampai kira-kira 10 menit kemudian temen kos gue teriak-teriak kehilangan HP.

Gue langsung shock. Gue yakin si abang-abang tadi pelakunya. Apalagi setelah denger cerita komplitnya. Ternyata si abang-abang masuk ke kos dengan alasan mau cari temennya, yang namanya ga jelas. Karena yang bukain pintu kebetulan bibi kos gue yang agak pikun (maklum faktor usia), dibolehin aja si abang-abang masuk. Ternyata dia lewat depan kamar gue, trus menuju ke atas, dan menemukan satu kamar yang penghuninya lagi mandi dan ga ngunci pintu kamar, nyolong HP-nya, trus kabur.

Sejak kejadian itu, gue jadi waspada. Setiap mau mandi ga pernah lupa kunci pintu. Barang-barang penting gue simpen dalem lemari. Motor selalu gue kunci double. Dan kehidupan kos berjalan dengan baik-baik saja.

Sampai pagi ini, yang seharusnya gue kuliah jem 7, tapi karena kondisi fisik lagi ga memungkinkan, gue memutuskan untuk ga kuliah pagi. Sekitar jem 10, gue lagi sarapan sambil main komputer, ketika gue kembali melihat 2 abang-abang ada di kos gue. Gue si ga curiga apa-apa, karna si abang-abang ditemenin sama bibi gue, dan keliatannya mereka lagi cari kos. Tapi entah kenapa perasaan gue ga enak, akhirnya gue tutup setengah tirai kamar gue, biar ga terlalu terekspos dari luar. Trus gue keluar manasin air buat mandi. Si abang yang satunya lagi ke atas liat kamar kosong ama bibi, yang satunya lagi duduk-duduk aja di bawah. Bahkan si abang yang duduk di bawah sempet nanya-nanya gue kuliah dimana, semester berapa, blablabla... Gue si jawabnya sekenanya aja, karena perasaan gue ga enak aja gitu (bahkan gue sempet berharap itu abang-abang ga jadi kos di tempat gue).

Trus gue masuk lagi ke kamar, dan sekitar 10 menit sesudahnya, terdengar teriakan temen kos gue "NGEP*T!!! LAPTOP GUE ILANG!!" Gue kaget banget, shock, dan langsung keluar kamar. Ternyata temen gue yang keilangan laptop itu kamarnya di sebrang gue. Sumpah gue langsung merinding. Hal pertama yang gue inget lakukan adalah ke parkiran ngecek motor gue. Untungnya ga bergerak sama sekali dari tempat seharusnya. Trus gue balik lagi ke dalem, dan ceritain apa yang gue liat tadi.

OMG, semua terjadi bahkan di depan mata gue. Kejadian ini semacam peringatan juga buat gue. Pokoknya sekali kita melangkah keluar dari rumah sendiri, keamanan tu bakal jadi barang mahal banget. Harus pinter-pinter jaga diri sendiri, dan barang sendiri tentunya.

No comments: