Thursday, January 7, 2010

Believe in luck?

I do.

Ini kisah tentang ujian Bakon gue. Sekedar informasi ya biar ga pada bingung, UTS 1 gue nilainya 58 (awalnya 55 trus gue protes, eh cuma nambah 2,5) dan UTS 2 gue nilainya 80 (awalnya 75, trus nambah 5 lumayan la ya). Dan tugas gue rata-ratanya 93.

Jadi sebenernya UAS-nya itu opsional. Buat yang udah puas ama nilainya, gausa ikut UAS lagi dengan persentase nilai 45-45-10. Nah kalo diitung-itung, nilai akhir gue cuma 71,4. Karna pembagian A-B-C-nya juga blom jelas, jadi gue memutuskan buat ikut UAS aja.

Dengan bermodalkan keyakinan bahwa persentase UAS paling kecil bakal 50% (berarti 20% UTS-1 + 20% UTS-2 + 10% tugas), dan gue itung-itung, supaya gue bisa dapet A (80) UAS gue minimal harus 86,2. Kalo persen UAS-nya lebih dari 50%, makin bagu
s deh karena nilai minimal gue buat dapet A bisa turun. Karena lumayan banyak juga yang mau ikut UAS, dan emang nilai rata-rata kelas agak2 jeblok, gue yakin aja kalo soalnya ga bakal susah-susah. Kan dosennya juga yang bakal repot kalo banyak yang ga lulus.

Begitulah perhitungan gue sampe akhirnya tiba hari ujian (Selasa kemaren). Ternyata soalnya ada 10, dan bobotnya sama semua. Dan pas gue liat-liat ternyata ada 2 soal teori yang kebetulan ga ada di cheat sheet gue. Mampus lah gue. Kalo gue salah 2 nomer itu aja, nilai maksimum gue tinggal 80. Padahal gue butuh 86,2 buat dapet A. Dan kalo mau naik jadi AB, gue butuh paling ga 76,2. Dan gue juga ga yakin nilai UAS gue bakal segitu. Soal hitungan yang lain juga ada yang ga jelas dan gue ga yakin gue bener.

Pokoknya gue udah pasrah aja deh pas keluar dari ruang ujian. Udah ga mau mikirin nilainya bakal jadi kaya apa entar. Sempet nyesel si kenapa dari dulu-dulu ga berusaha buat menganggap serius kuliah Bakon (ehm..bukan meremehkan loh, tapi emang agak absurd aja).

Tiba-tiba kemaren sore, temen gue sms kasih tau kalo UAS Bakon udah selesai diperiksa. Gue sempet ga percaya juga, abis cepet banget, masa cuma sehari kelar diperiksa. Trus gue suruh temen gue itu ngeliatin nilai gue. Dan ternyata nilai gue 75 :(

Nilai 75 itu kalo gue itung-itung dengan persentase 50%, nilai akhirnya jadi 74,4. Bahkan itu masih B, dan gue sia-sia ikut UAS. Inget kan, nilai gue sebelum ikut UAS 71,4 dan kedua nilai itu pasti berada di rentang yang sama. Gue udah putus asa banget deh, gue lan
gsung buka excel dan coba-coba ngitung dengan berbagai persentase dan kemungkinan nilai gue bakal naik kalo diprotes. Tapi gue juga ga yakin ada yang bisa diprotes, dan bakal naik berapa kalo gue protes. Bahkan gue ampe pake goal seek buat ngitung-ngitung nilai. Sampai akhirnya gue menemukan fakta bahwa nilai akhir gue ga akan pernah bisa lebih dari 80 (alias ga mungkin dapet A) bahkan dengan persentase UAS 80% pun. Sedih :'(

Trus tiba-tiba keajaiban mulai perlahan-lahan terjadi. Kalo gue sih nyebutnya keberuntungan buat gue. Temen gue tiba-tiba sms gue ngabarin kalo bates A diturunin jadi 75, karena ternyata rata-rata UAS-nya jelek banget. Gue agak menemukan pencerahan disini, karena nilai gue agak deket-deket sama 75 (udah 74,4 inget kan?). Kalo gue bisa protes buat naikin nilai UAS gue jadi 76,2 aja minimal, nilai akhir gue udah 75. Tapi kalo ga bisa, paling ga gue udah AB lah. Udah cukup lah buat Bakon sih, mengingat gue jarang perhatiin kalo lagi di kelas.


Tapi gue masih berharap sih bisa dapet A. Akhirnya gue tadi pagai berangkat ke kampus buat ngambil berkas gue dan berniat protes. Pas gue sampe kampus, ternyata berkasnya semua diambil lagi sama dosennya, katanya sih ada yang salah koreksi, jadi mau diperiksa ulang. Gue harap-harap cemas banget deh, moga-moga nilai gue bisa nambah dikit, jadi 76,2 aja gitu..(hehe..maunya). Tapi agak serem juga sih denger cerita temen gue yang katanya nilainya malah turun gara-gara protes hal yang emang salah.

Dan gue pun dibuat menunggu. Dari jem 10 sampe jem 2, 4 kali bolak balik lantai 1-lantai 4 buat ngecek berkasnya udah selesai diperiksa ulang apa belom.
Akhirnya sekitar jem 2 gitu, gue ama temen gue ngecek ke ruangan dosennya, dan ternyata berkasnya udah selesai diperiksa. Dan keajaiban (keberuntungan) kembali muncul! Nilai gue entah gimana caranya disulap jadi 91! We O We alias WOW! Gue seneng banget. Entah kenapa gue menganggap semua ini keberuntungan yang direncanakan banget. Maksudnya beberapa hal bisa berubah gitu aja dan nilai gue tiba-tiba keangkat.

So, do you believe in luck?

Photo of the day

No comments: