Thursday, January 7, 2010

Servis motor

Oke. Jadi setelah hampir setahun gue bawa motor ke Bandung, hari ini gue berencana untuk pertama kalinya servis motor. Tadinya sih cuma pengen ganti oli, karena kayanya sih udah waktunya (motornya mulai menunjukkan gejala-gejala ga enak, filing gue si olinya minta diganti). Dan kebenaran temen gue juga mau servis motor (udah waktunya kata dia sih). Jadi ya udah gue bareng aja pergi ke bengkel ama dia.

Maan..ini pertama kalinya loh gue masuk ke bengkel dan berniat servis motor. Gue pikir temen gue aja 2 bulan sekali servis motor. Sedangkan motor gue selama di Bandung cuma pernah masuk bengkel sekali, itupun karna mau ngisi minyak rem dan ganti lampu rem. Selebihnya ga pernah. Yang sabar ya, motor.

Begitulah, gue ama temen gue duduk di ruang tunggu yang banyak banget orang ngerokok disitu (pengen panggil John Pantau deh). Gue, saking katronya, banya
k nanya ke temen gue tentang servis motor. Mulai dari "servis motor tu motornya diapain aja ya?", "kita perlu ngeliatin orangnya kerjain motor kita ga si?" sampe "berapa lama lagi si kita nunggunya?" Iya, gue emosi banget, udah banyak orang ngerokok, lama banget lagi tu motor diservis. Tapi emang keadaan lagi rame si. Untung ada temen gue, jadi gue ga mati gaya duduk sendiri kaya kebo ompong.

Dan waktunya pun tiba! Motor temen gue didorong ke pit (kalo ga salah itu namanya) dilanjutkan dengan motor gue. Semuanya berjalan normal, apalagi ditemani TV yang kebetulan lagi ada acara Insert, gue jadi lumayan betah deh. Gue ngobrol2 aja ama temen gue sampe akhirnya motor temen gue didorong ke luar yang artinya udah selesai diservis.

Temen gue ngecek ini itu, bayar, trus parkirin motornya, nungg
uin gue. Gue mulai bingung, ni kenapa ya lama banget? Kata temen gue si, motor gue udah kelas berat karena udah setahun belom pernah diservis, yaudah gue percaya aja deh. Gue pun duduk-duduk sampe akhirnya si montir dateng trus mengabarkan sesuatu yang sulit gue mengerti.

"Mas, ini lahar depannya udah aus" Gue mulai kebingungan. Reaksi gue cuma "oh iya ya?" Gue bingung lahar itu apaan, kenapa bisa aus, trus kalo aus efeknya apa, bla bla bla.. Temen gue juga cuma diem aja, mungkin karena laharnya belom pernah aus. Trus gue sok sok nanya kalo diganti berapa duit, itu kira-kira udah pecah apa belom (tipe pertanyaan bodoh yang ketauan banget sok pinternya). Akhirnya gue telpon bokap gue, dan gue disuruh ganti itu lahar.

Ternyata lahar itu bentuknya kaya cincin gitu, ada sepasang, d
ipasang di kiri kanan ban. Pas si montir buka lahar bekas gue, gue dikasih liat laharnya yang udah goyang-goyang hampir mau copot gitu. Bahkan gue yang ga ngerti gitu-gituan aja ampe merinding ngeliat itu lahar bergoyang-goyang gitu. Ga kebayang deh kalo tiba-tiba pas gue lagi naik motor trus tiba-tiba laharnya pecah (atau copot). Pas gue nanya ke temen gue, dia cuma bilang "ya pilih aja jun mau borromeus atau advent"..

Untung gue ikutan temen gue servis motor hari ini. Kalo ga, gue akan pernah tau dan ga akan pernah mau tau soal lahar-laharan itu. Oke, tiba saatnya motor gue didorong ke luar. Yes!! Selesai deh!! Gue pun melangkah ke kasir. Dan bayangkan berapa harganya! 101 RIBU!! Maan...gue udah bisa nonton berapa film tu.. Setelah gue liat bonnya, ternyata ganti oli 25r
b, lahar+ongkos pasang 48rb, servis lengkap 28rb. Udah lah, abis duit gue hari ini. Ternyata bawa kendaraan sendiri itu biayanya gede juga ya.

Beres servis motor, gue langsung ke kampus buat nyariin dosen. Gue mau ambil berkas ujian gue dan sekalian protes kalo bisa. Ternyata si dosen lagi rapat dan rapatnya katanya masih ampe sore. Gue males banget nungguin tu dosen rapat. Tapi gue juga males pulang, useless banget gue ke kampus kalo gitu. Tiba-tiba gue inget sesuatu, gue kan bisa ngambil honor asisten gue sekarang. Lumayan lah, gantiin duit servis motor gue. Dan ternyata gue dapet 164.500, cukup gede kalo dibandingkan semester lalu yang cuma 90 ribu...hihihi...

Photo of the day

No comments: