Tuesday, January 5, 2010

Curhat awal tahun

Oke, jadi di awal tahun ini, gue pengen sedikit merubah konsep blog ini. Jadi rencananya blog ini bakal berisi tentang curhat-curhatan gue, biar gue jadi makin semangat dan sering nulis-nulis di blog ini. (Emang kemaren2 isinya bukan curhat ya??)

Jadi liburan kemarin adalah liburan yang penuh kepalsuan. Libur tapi kerjaannya seabrek-abrek. Bayangkan ya, gue balik ke Jakarta tanggal 24, dengan membawa 3 diktat dan 1 textbook. Itu aja udah berhasil bikin gue tersengal-sengal ngangkat tas berat banget (tersengal-sengal itu apa ya..)

Kerjaan yang gue bawa adalah:

1. Tugas Ektek, dimana tugas gue masih jauh dari selesai. Ditambah lagi dengan partner gue yang rumahnya di Bandung, jadi agak susah buat ngerjain bareng pas liburan. Jadi harus pake email-emailan. Ternyata internet di rumah udah overlimit. Jadi hasilnya adalah: gue ga ngerjain tugas Ektek.
2. Tugas TRK, sama aja. Kelompoknya nyebar kemana-mana, susah buat ketemuan, dan musti cari bahan pake internet. Ga bikin lagi.
3. Belajar Bakon. Gue jadi ikut UAS karena nilainya belum memuaskan. Nilai gue kalo ga ikut UAS jadinya 70, yang gue ga tau itu jadinya huruf apa. Jadi gue harus bikin cheat sheet, baca text book yang super tebel, dan diktat yang isinya lebih banyak panah daripada tulisan (maksudnya penjelasannya sangat ilmiah, sehingga ga akan
ngerti kalo ga baca buku dulu).
4. Belajar Limbah. UAS-nya juga opsional sih, tapi gue yakin gue harus ikut, makanya gue bawa diktatnya ke Jakarta. Anehnya baru setengah perjalanan gue ke Jakarta, gue udah menyesal kenapa gue bawa diktat Limbah, padahal gue yakin ga akan gue sentuh di Jakarta. Ternyata bener, keluar dari tas pun sama sekali gak.

Oke, tapi yang namanya liburan ya tetep aja liburan. Hari pertama gue leha-leha. Hari kedua gue masih leha-leha (secara Natal gitu kan, masa hari besar harus belajar juga). Hari ketiga gue masih leha-leha karena masih hari Sabtu (biasanya kalo Sabtu bokap suka ngajakin jalan). Hari keempat gue tetep leha-leha (kalo hari Minggu acara di TV tu oke punya). Hari kelima gue masih mau leha-leha, trus tiba-tiba gue sadar kalo Natal udah lewat! Jadi gue memutuskan untuk mulai belajar.

Eits, jangan dipikir akhirnya gue beneran belaja
r loh. Tetep aja ruang gerak gue ga jauh-jauh dari TV. Akhirnya malah nonton tapi sambil megang buku tapi matanya sama sekali ga ke buku. Karena berusaha memenuhi target, akhirnya gue baca tu buku dari jem 11 ampe jem 1 malem! Agak percuma juga sih, karena gue ketiduran dan akhirnya lupa semua yang udah gue baca.

Oke, hari keenam gue mencoba serius. Gue pun mulai sms temen-temen gue buat mulai kerjain tugas. Cari-cari bahan (padahal gue sendiri ga nyari) dan ngotak-ngatik financial model. Tapi tetep aja sambil main. Hari ketujuh gue udah mulai gila. Gue baru sadar bahwa tugas gue masih banyak dan Bakon belum ada kemajuan. Gue pun mulai menambah waktu belajar gue (meskipun ga secara signifikan juga si..)

Hari kedelapan, udah tanggal 31, gue diajak n
yokap ke Mangdu. Ya siapa juga yang bakal nolak dengan alasan mau belajar kalo diajak ke Mangdu. Akhirnya gue ke Mangdu seharian. Lumayan loh, gue dapet kacamata, jam tangan, sama iket pinggang. Bentar-bentar, gue bukan mau ceritain tentang jalan-jalan ke Mangdu. Intinya, pulang dari Mangdu udah malem dan cape, mana malem Tahun Baru lagi. Akhirnya gue cuma duduk-duduk nonton TV.

Hari kesembilan, gue tambah stress. Gue ngebut ngerjain tugas, apalagi internet udah bisa dipake (karena udah tanggal 1). Tapi ngebut bukan berarti selesai. Gue baru sadar bahwa ternyata tugas gue tu super jauh dari selesai. Bakon juga. TRK apalagi. Hari berikutnya, gue ke nikahan temen gue, yang berarti gue ga sempet bikin tugas, karena abis itu gue jalan-jalan dulu. Halahh..

Tibalah gue pada hari terakhir liburan. Bahkan gue stress banget. Sampe-sampe gue bela-belain kerjain tugas gue dari jem 10 ampe jem 12 siang! Padahal jem 2 gue udah harus cabut ke Bandung. Gue baru sadar kalo di Bandung gue harus belajar Bakon, yang ujiannya hari Selasa. Sedangkan deadline Ektek juga hari Selasa. Langit serasa mau runtuh.

Akhirnya, hal pertama yang gue lakukan ketika gue sampe Bandung adalah ngerjain tugas dari jem 6 sore ampe 12 malem! Wuih..rekor banget tuh. Tapi ya mau ga mau harus mau. Meskipun ga selesai, tapi lumayan lah, tinggal dikit lagi. Sisanya gue serahkan sepenuhnya ke partner gue yang ga ujian Bakon.

Hari Senin, gue seharian belajar Bakon ampe
mampus. Mana musti ngawas Termo lagi. Alhasil gue belajar Bakon bahkan sambil ngawas ujian. Gue udah kaya orang gila deh baca textbook, diktat, contoh soal, sama cheat sheet. Dan gue sukses ketiduran jem 12.

Tadi pagi, gue bangun jem 6, dan ngelanjutin baca Bakon. Tapi biarpun baca sebanyak apa juga, ujiannya tetep aja soalnya aneh. Gue udah ga yakin deh ama hasilnya. Udah lah ga mau ngomongin itu.

Tapi hari ini banyak hal yang membuat gue seneng. Beban gue yang banyak banget tiba-tiba terlepas gitu aja. Pertama, ujian Bakon beres (meskipun hasilnya ga beres). Kedua, Ektek udah selesai (karena emang harus selesai, dan gue sangat berterima kasih sama partner gue atas kerjasamanya dan kesabarannya menghadapi gue yang kerjanya l
amban ini). Trus, tiba-tiba nilai Limbah keluar dan gue dinyatakan ga usah ikut UAS karena nilai gue udah minimum AB. Gue seneng mampus!

Sebagai wujud terima kasih gue, gue bersedia ngerjain TRK tanpa ngerepotin kelompok gue deh. Lagian mereka juga ada ujian.

Dan di sinilah gue sekarang, menghabiskan waktu di depan komputer dari jem 4 ampe sekarang, full maen. Beberapa saat lagi gue berencana bikin
tugas sih. Tapi yang jelas, gue sangat-sangat ingin berterima kasih sama siapa aja deh hari ini. Fiuh, agak lega.

Photo of the day

No comments: