Wednesday, June 16, 2010

Ada apa dengan kerupuk Garut?

Oke, post kali ini akan membahas perjalanan kuliner gue di kota Garut yang indah ini (uhuk uhuk). Entah layak disebut perjalanan kuliner apa ga, tapi isinya ya perjalanan gue mencari makan malam di daerah sekitar kos gue yang notabene hampir pusat kotanya Garut. Jadi awalnya gue expect di pusat kota gini harusnya kalo malem rame. Kalo bisa ada pasar malem sekalian, banyak penjual makanan disana-sini, banyak cemilan-cemilan.

Kenyataannya, yang gue temukan ya emang sih banyak yang jual makanan. Tapi makanannya kok ga variatif gini ya. Dalam radius 500 meter, yang jual nasi goreng ada 3, yang jual ayam goreng ada 3, yang jual batagor ada 2, bahkan dalam 1 foodcourt bisa ada 2 stand yang menjual makanan yang sama! Mann..persaingan super ketat banget deh ya kayanya.

Tapi ada yang menarik yang gue temui disini, terutama dari si 3 tukang nasi goreng itu. Gue udah cobain 2 dari 3, dan yang bikin gue bingung adalah: Kerupuknya kok melempem ya? Gue pikir-pikir, apa jangan-jangan itu ciri khas nasi goreng (atau kerupuk) Garut ya. Tapi agak aneh kan kalo 2 penjual nasi goreng sama-sama ngasih kerupuk yang melempem ke pembelinya. Mencoba bersikap kritis (alah apaan banget deh), gue mencoba beli nasi goreng lagi keesokannya. Gue masih beli di salah satu penjual yang udah pernah gue beli sebelumnya. Dan hasilnya pun sama: Kerupuknya masih melempem! Aneh kan, hari udah berganti, matahari udah terbit dan tenggelam lagi, bahkan Luna Maya udah dateng ke kepolisian (yang ini ga nyambung deh), tapi kerupuknya masih tetep melempem. Hipotesis gue bahwa kerupuk Garut memang sengaja didesain melempem semakin mendekati fakta akhir.

Dan untuk melengkapi perjalanan kuliner gue, besok gue akan mencoba tukang nasi goreng ketiga, yang belom pernah gue cobain sebelumnya. Tujuannya jelas, pengen tau kerupuknya melempem apa ga.

No comments: