Tuesday, June 29, 2010

Balada HP hilang

Lagi iseng ga ada kerjaan, tiba-tiba gue inget-inget lagi kejadian buruk yang pernah menimpa gue. Sekitar 3 tahun yang lalu, HP gue pernah hilang di angkot. Tepatnya dicopet.

Jadi ceritanya itu gue baru sekitar 1 minggu menetap di Bandung, dan gue kayanya masih polos banget sama kehidupan di Bandung. Gue dengan sok taunya naik angkot yang jurusannya entah kemana, dan gue bahkan gatau dengan persis gue kapan gue bakal turun. Pas naik angkot, gue cuma bilang ke sopirnya: “Bang, Cicadas ya”. Bahkan gue masih pake panggilan Abang, khas anak gaul Jakarta banget.

Dan gue dibawa keliling-keliling Bandung yang notabene gue gatau itu dimana. Jalannya udah belok sana belok sini dan gue udah ga berusaha buat inget atau cari tau deh itu jalan apa. Tau-tau di tengah jalan, ada bapak-bapak gitu pijet kaki gue. Dianya sih pasang tampang kesakitan, seakan-akan kakinya keseleo gitu, dan yang bikin gue bingung kenapa dia malah pijet kaki gue. Bahkan sambil dia pijet kaki gue, gue sempet berpikir jangan-jangan ini sejenis hipnotis. Ga lama setelah itu, dia turun dari angkot.

Dan ga lama setelah itu juga, gue secara refleks megang kantong gue. Dan gue super kaget banget pas tau ternyata HP gue udah ilang. Jadi ceritanya waktu itu di kantong gue tu ada 2 HP ama sebundel kunci kos. Tapi si copet dengan tepatnya berhasil ngambil HP gue yang agak baru. Kunci sebundel sama HP yang satunya lagi ga berhasil menghalangi si copet buat pilih HP yang paling mahal. Damn!

Dan gue dengan refleksnya juga minta turun dari angkot trus lari kaya orang gila teriak-teriak copet. Padahal gue yakin banget itu HP masih di angkot. Si Bapak keseleo itu pasti cuma pengalih perhatian. Tapi entah kenapa gue dengan refleks (dan bodoh)nya malah turun. Padahal gue udah tau itu Bapak ga akan bisa gue kejer, tapi tetep aja gue lari ngejer. Kalo gue inget-inget tingkah gue, lucu banget deh. Gue sampe ketawa sendiri sekarang. Mungkin karna emang gue belom pernah kecopetan ya, makanya gue bertindak bodoh sekali waktu itu.

Setelah gue pikir-pikir lagi, kronologisnya pasti gini: Si Bapak pijet-pijet kaki gue sampe jins gue agak keangkat, jadinya bagian kantongnya agak longgar. Trus orang yang duduk di sebelah gue dengan leluasa ngambil HP gue karna pikiran gue lagi fokus di Bapak yang pijet-pijet kaki gue. Trus si Bapak keseleo turun. Trus gue turun. Trus orang yang di angkot ketawa-ketawa puas sambil megang HP gue! Sejak kejadian itu, gue super hati-hati banget deh kalo naik angkot. Kalo ada yang tingkah lakunya mencurigakan gitu, gue milih turun dari angkot itu dan nyetop angkot yang lain. Beneran deh.

Pas gue ceritain ke temen gue, macem-macem tanggapannya. Ada yang jadi ketakutan sampe HP-nya dimasukkin ke tas setiap kali naik angkot (yang menurut gue malah lebih gampang dicopet). Ada yang ketawa trus bilang: “Lu sih Jun, keenakan dipijet. Jadi ga sadar kan HP lu diambil”. Bahkan ada temen gue yang agak lebay. Suatu kali gue pernah naik angkot sama temen gue ini. Dan di lampu merah, ada pengamen yang dateng (biasa lah kalo di Bandung). Eh si temen gue ini saking ketakutannya langsung meluk tasnya erat-erat trus nunduk gitu. Jelas banget kalo dia takut dicopet, dan semua orang bisa ngeliat gelagat itu dengan jelas, termasuk si pengamen. Pas udah mau lampu hijau, si pengamen tau-tau bilang: “Biasa aja dong Mas!” trus ngeloyor pergi. Hahahahaa...gue ga berhenti ngakak abis itu.

No comments: