Monday, August 16, 2010

Harpitnas

Alias hari kejepit nasional. Setiap ada harpitnas gini, pasti jadi perdebatan deh. Kalo tetep harus masuk, kayanya percuma banget. Toh ntar orang-orang juga pada ga masuk, ujung-ujungnya ga efektif. Kalo diliburin, malah jadi kebanyakan libur-libur ga penting. Ujung-ujungnya, ga diliburin, tapi tetep aja pada ga masuk.

Kaya sekarang ini nih, Selasa-nya libur 17an. Senin-nya jadi super ga efektif. Orang-orang di kantor udah cuti teratur deh. Dari Jumat kemaren udah siap-siapin cuti. Hasilnya, hari ini kantor jadi sepi. Bahkan tadi safety meeting cuma 7 orang (kalo full team 13 orang). Hampir setengahnya ga masuk. Akhirnya sama aja, jadi berasa ga efektif. Kerjaan juga cuma dikit, entah emang karna dikit, atau karna ga ada orangnya.

Gue sendiri pernah ngalamin harpitnas yang nyesekin banget. Jadi waktu itu ceritanya hari Kamis tuh libur Imlek. Gue sebagai orang yang merayakan Imlek, pasti pulang rumah dong. Dan dari jauh-jauh hari udah berharap banget kalo Jumatnya bakal diliburin. Dan semakin deket dengan hari-H nya, kayanya ga ada tanda-tanda kalo harpitnas ini bakal diliburin. Dan karna waktu itu masih taat banget sama peraturan kampus (baca: cupu), ya secara baru semester 2 ya, akhirnya Jumat-nya gue tetep bela-belain masuk. Jadi gue pulang Rabu malem, dan Kamis sorenya udah berangkat lagi ke Bandung. Bahkan ga ada 24 jem di rumah! Tapi karna gue sangat berintegritas takut masalah absen, gapapa deh gue jabanin bolak-balik. Eh, tau-taunya pas gue masuk kuliah hari Jumat, kelas sepi banget! Cuma ada segelintir orang taat bodoh yang masuk, termasuk gue -_- Dan setelah kuliah ga efektif sehari itu, gue terpaksa spend weekend di kos juga, karna udah males deh pulang lagi. Padahal kos ga kalah sepinya deh sama kampus!

Pernah lagi ada harpitnas, dan hari liburnya juga Imlek (ni Imlek demen banget ya harpitnas begini). Yang ini udah agak lama sih, jamannya gue masih sekolah. Jadi Imleknya waktu itu mepet juga (bukan nempel loh) sama weekend. Dan kebetulan harpitnas itu jadwalnya gue ada les (seminggu 2 kali). Nah, sebelum Imlek itu guru les gue dengan bijaksana ngomong kaya gini: “Harpitnas nanti tempat les ini ga libur ya. Tapi kalo kalian mau ga masuk, gapapa kok. Kalian kan mau minta angpao”. Gue yang denger cuma terperangah. Ini guru pengertian sekali.

Dan gue denger-denger dari nyokap (yang udah sibuk nyari tiket buat pulang Imlek ntar), katanya Imlek taon depan jatuhnya hari Kamis (lagi). Gue cuma bisa swt deh. Setelah tahun ini Imlek-nya hari Minggu (yang jadinya ga ada libur khusus), tahun depan harpitnas pula?

No comments: