Monday, August 9, 2010

Life gets easier when we are grateful

Waktu gue kecil dulu, jaman-jamannya masih TK, gue sering merengek-rengek minta ini minta itu. Meskipun akhirnya dibeliin, gue pasti minta yang lain lagi meskipun gue tau barang itu ga sebegitu pentingnya. Kalo bonyok gue ga beliin, pasti gue nganggep mereka pelit. Tanpa gue sadari, mereka ga mau bikin gue jadi spoilt. Gue kurang bersyukur.

Jaman-jamannya gue SD, gue lumayan sering adu mulut sama temen gue. Permasalahannya sepele, mulai dari saling banding-bandingin siapa yang punya tiket Timezone lebih banyak, siapa yang lebih jago maen cikupa, siapa yang punya kunci jawaban Sangkil dan siapa yang ga. Setelah dipikir-pikir semuanya ga penting. Tapi tetep aja gue ribut masalah begituan. Gue kurang bersyukur.

Kalo gue liat-liat yearbook SMP gue sekarang, gue berasa dulu gue cupu abis. Berasa ga ada temen, berasa kurang aktif di OSIS, berasa kurang ikutan geng geng gaul, berasa kurang deket sama guru, dll. Padahal faktanya, gue punya cukup banyak temen deket yang bisa gue ajak seru-seruan bareng, gue pernah jadi ketua panitia bakti sosial, gue sering ngobrol atau bahkan bercanda hampir kurang ajar sama guru-guru. Tapi gue tetep berasa kurang. Gue kurang bersyukur.

Waktu gue masuk SMA, gue berasa hidup gue akan lebih berharga dan dihargai kalo gue pindah sekolah. Waktu itu padahal udah sempet daftar ke sekolah lain, tapi karna sesuatu hal, gue ga jadi pindah. Gue lumayan sebel waktu itu. Padahal, di saat yang bersamaan, gue dapet beasiswa di sekolah gue yang lama, gue punya banyak temen yang bisa jadi alasan gue tetep di sekolah gue. Tapi tetep aja gue berasa lebih oke seandainya gue pindah sekolah waktu itu. Gue kurang bersyukur.

Setelah gue masuk kuliah, waktu sibuk-sibuknya ngadepin ujian, tugas, praktikum, proposal penelitian, dan lainnya, gue berandai-andai. Seandainya dulu gue ga gatel buat nyoba ikutan SPMB, mungkin sekarang gue akan kuliah di Atma. Ga perlu susah-susah ngekos jauh-jauh, ga perlu stress mati-matian ngadepin kuliah disini, setiap hari bisa ke Plangi, bisa jadi anak gaul Jakarta yang kerjaannya muter-muter mall kalo lagi jam kosong. Padahal tanpa gue sadari, kehidupan gue disini sangat menambah pengalaman gue. Gue ketemu banyak orang baru, gue punya banyak temen dari berbagai daerah, gue bisa mempelajari sesuatu yang memang gue berasa sreg mempelajarinya, banyak kesempatan yang gue dapetin. Udah sedemikian hal-hal yang bagus-bagus, gue tetep aja bisa ngebanding-bandingin sama “seandainya”. Gue kurang bersyukur.

Dan sekarang, gue lagi dalam kegiatan internship. Gue dikasih kesempatan buat ikutan internship ini. Awalnya (dan karna emang udah bawaan kali ya), gue berasa agak kurang puas karna gue ditempatin di kota yang awalnya menurut gue terpencil, sendirian pula. Ngiri sama orang-orang yang ditempatin di office di Jakarta, ngiri sama orang-orang yang ditempatin di Riau yang rame banget disana. Sampe suatu hari, temen gue sama-sama magang disini yang kebetulan dia lagi ke Jakarta buat ngurus surat-surat, sms gue kaya gini:

Jun, sumpah dah gw pikir2 qt bruntung bgt dpt di darajat, kalo gw dpt djkt quit dah dri ojt.. Dsni hjn, gak bgt, bnjir, bis k dpok susah, makanan mahal, huek

Gue berasa ditampar banget. Dan iya, gue bersyukur.

No comments: