Saturday, October 30, 2010

My supermom

Kalo orang lagi heboh ngomongin supermi yang kaya akan pengawet itu, gue sekarang mau ngomongin supermom (oh please, another cheesy and corny opening). Tapi you get my point lah ya.


It just came up across my mind these last few days. Jadi ceritanya gue sama temen gue lagi main plesetan kata-kata gitu. Tau kan, kaya: "Eh ayam kan sayuran yang suka dimakan popeye." Dan orang lain akan jawab: "Bayam kalii" Ya kira-kira begitulah. Trus tiba-tiba gue keinget sama nyokap gue yang suka mispell something. Contohnya dia pernah salah nyebut nama tempat makan di Bandung, harusnya kampung daun, dia malah bilangnya hijau daun. Trus katanya juri IMB namanya Titi Siluman, padahal yang dimaksud Titi Syuman. Dan pas gue ceritain itu, suddenly gue sadar bahwa ternyata nyokap gue lucu juga ya. Tapi still dibalik kelucuannya itu, gue sangat bangga dan sayang sama nyokap gue. Tiba-tiba gue tersadar bahwa nyokap gue adalah orang yang sangat hebat dan sayang sama gue.


Gue langsung jadi mendadak mellow dan randomly keinget beberapa titik dalam hidup gue, dimana nyokap gue bener-bener menunjukkan kalau dia sayang banget sama gue, dan rela melakukan apapun itu buat gue.


Gue inget banget waktu gue masih kecil, gue sangat intolerant duduk di dalam mobil dengan AC yang dinyalain. Ga lebih dari 1 jam gue di dalam mobil ber-AC, gue pasti bakal muntah. Dan gue inget gue pernah diajak nyokap waktu itu ke daerah gajah mada buat makan. Perginya naik taksi, dan di tengah jalan, gue udah menunjukkan tanda-tanda mual. Nyokap gue langsung dengan sigapnya turun dari taksi dan gendong gue sepanjang jalan ke tempat makannya. Tempatnya emang ga terlalu jauh lagi, tapi kalo pake jalan kaki sambil panas-panasan ya lumayan juga.


Waktu gue masih kecil juga, gue inget banget gue pernah maksa bangunin nyokap gue hanya buat minta diguntingin kertas bergambar buat mainan. Meskipun nyokap gue terbangun tiba-tiba gitu (tau kan ga enaknya bangun mendadak padahal lagi enak-enak tidur), dia tetep mau guntingin kertas itu. Abis selesai guntingin, gue jadi ngerasa berdosa.


Nyokap gue juga pernah rela ngupasin gue ayam goreng yang masih panas banget dengan tangannya, karena dia tau gue udah kelaperan.


Waktu dulu depan rumah gue sering kebanjiran, nyokap gue dengan relanya banjir-banjiran siapin kursi buat gue, jadi gue bisa manjat kursi itu dan naik ke mobil tanpa basah sedikitpun.


Waktu gue mau ebtanas kelas 6 sd, sehari sebelumnya gue baru dikasih tau kalo ada penggaris lingkaran yang bisa buat ngebuletin jawaban dengan lebih gampang tanpa harus takut keluar garis, dan penggaris itu cuma dijual di mal. Nyokap gue dengan sigapnya nganterin gue ke mal itu naik motor, karna gue butuh cepet dan ga bisa nunggu bokap biar bisa naik mobil. Padahal waktu itu nyokap gue baru belajar naik motor, blom terbiasa di jalan raya, blom terbiasa bonceng orang, dan blom biasa turunin dan naikin tanjakan terjal menuju tempat parkir.


Nyokap gue pun sangat pengertian. Waktu gue smp kelas 2, gue ribut banget minta dibeliin hp. Maklum terjebak pergaulan, dimana temen-temen gue rata-rata udah punya hp layar berwarna, dan hp gue masih erricson yang ukurannya masih kaya telepon wireless alias gede banget. Bokap gue ga mau beliin gue hp baru, dengan alasan belom butuh. Dan karna gue ribut terus, akhirnya nyokap gue beliin gue hp yang gue mau, diem-diem tanpa ketauan bokap. Sampe rumah juga hpnya tetep diumpetin sampe suatu saat entah gimana caranya bokap gue akhirnya tau. Selain hp, nyokap gue juga pernah ngebeliin gue VCD pokemon secara diem-diem, karna kalo ketauan bokap pasti dia ga setuju.


Nyokap gue selalu ada disamping gue saat gue butuhkan. Waktu gue ga sengaja nabrak motor orang di parkiran mal, nyokap gue langsung dateng ke kantor security-nya, berusaha ngebela gue biar gue bisa pulang. Hal yang sama waktu gue nabrak angkot sampe kap lampunya pecah, nyokap gue yang langsung dateng dan ngeberesin semuanya. Nyokap gue rela walau sampe harus teriak-teriak sama orang lain demi ngebela gue.


Waktu gue pertama kali ke Bandung, gue bener-bener buta tentang kehidupan di Bandung. Nyokap gue rela nemenin gue ke Bandung buat daftar ulang, bayar uang pendaftaran, dan nyari kos. Nyokap gue rela jalan kaki muter-muterin daerah sekitar kampus panas-panasan buat temenin gue nyari tempat kos.


Waktu hp gue ilang pas gue baru beberapa hari di Bandung juga, nyokap gue selalu berusaha bangkitin semangat gue lagi. Karna gue berasa down dan kok sial banget ya padahal baru beberapa hari di Bandung udah harus kecurian hp. Tapi nyokap gue yang selalu semangatin gue.


Nyokap gue juga yang paling sayang sama gue. Waktu tau gue sakit, nyokap gue langsung bela-belain dateng ke Bandung, meskipun udah jam 7 malem, meskipun harus naik travel, meskipun sangat buru-buru, nyokap gue tetep ke Bandung buat sekedar nemenin gue pas sakit dan nemenin gue ke dokter. Waktu gue sakit juga, nyokap gue rela tidur di lantai beralaskan matras biar gue bisa tidur di ranjang. Gue berasa ngerepotin nyokap gue banget.


Sampe sekarang, meskipun gue jauh dari nyokap, nyokap gue selalu perhatiin gue. Nyokap gue selalu sms gue hampir setiap jam makan, cuma buat sekedar nanya gue udah makan blom, jangan sampe telat makan ntar maagnya kambuh lagi. Nyokap gue rajin nanyain keberadaan gue dan ingetin jangan pulang malem-malem. Nyokap gue juga selalu ingetin gue buat ga ngebut pas naik motor. Nyokap gue ga mau terjadi apa-apa sama gue.


Ini cuma segelintir bukti kasih nyokap ke gue. Masih banyak lagi hal-hal lain, yang mungkin simple, tapi kalo dipikirin lebih lanjut, more than enough buat menyadarkan gue bahwa nyokap gue sangat sayang sama gue. Nyokap gue adalah sosok supermom luar biasa buat gue. Tanpa nyokap gue, mungkin gue ga akan berbentuk kaya gini sekarang.


Gue cuma mau bilang, gue sayang, sayang banget sama nyokap gue. Ga, hari ini bukan hari ulang tahun nyokap gue. Hari ini juga bukan hari ibu atau hari spesial lainnya. Tapi gue cuma mau bilang, bahwa nyokap gue ga akan pernah ada gantinya di dunia ini. Gue super duper bersyukur diberi supermom kaya nyokap gue. Emang ga banyak yang bisa gue lakukan buat nyokap gue, tapi salah satunya gue bisa bilang dari hati gue yang paling dalam dan dengan tulus:

♥ you, Mom!

No comments: