Monday, November 22, 2010

My agenda

Entah ada apa yang terjadi sama otak gue, yang jelas gue berasa kemampuan mengingat gue semakin berkurang. Atau emang saking terlalu banyak yang harus diinget ya?

+++++

Untungnya sampe sekarang gue masih inget siapa nama gue, tanggal lahir, kuliah dimana, merek obat maag andalan, dan sedikit beberapa hal lain. Tapi sejujurnya gue hobi banget lupa sama pin atm, nomer hp, plat motor, dan sedikit banyak hal lain. Salah satu hal yang paling gampang gue lupain adalah: Kerjaan gue hari ini apa aja ya? Tugas gue yang ini deadlinenya kapan ya? Kapan ya terakhir kali gue mandi?

Iya, entah karna daya ingat gue yang bekurang, atau karna kerjaan gue yang semakin banyak, gue jadi ga bisa dengan mudah mengingat itu semua. Kalo dulu (dulu banget, jaman SMA), gue bisa banget inget jadwal ulangan dalam seminggu, atau bahkan beberapa minggu ke depan. Gue bisa inget jadwal ulangan umum, bahan-bahannya apa aja, besok ada peer apa aja, nomer berapa aja, halaman berapa, praktikum dari diktat halaman berapa, dan banyak hal lainnya.

Back ke jaman SD, daya ingat gue bahkan lebih dahsyat. Gue bisa hafal ibukota negara-negara di berbagai benua, nama kantor beritanya, nama airport di kota-kota di Indonesia, nama tarian daerah, urutan propinsi di acara ramalan cuaca di TVRI (jadi pas si peramal lagi ngebahas satu propinsi, gue udah tau apa propinsi berikutnya).

Well, kalau paragraf ini dilanjutin, judul postnya kayanya harus diganti jadi "Degradasi Otak". Tapi ga, gue bukan mau cerita tentang itu. Back to topic, gue sekarang susah banget inget kegiatan gue ada apa aja selama sehari. Itu makanya gue butuh yang namanya: agenda.

Yup, di agenda asal jadi ini, gue nulis tentang semua yang harus gue lakukan setiap harinya. Everything, mulai dari deadline tugas, jadwal rapat, sampe hal-hal yang sifatnya sehari-hari, kaya "beli roti tawar" atau "isi bensin" atau "gunting kuku". Saking banyaknya hal yang harus gue tulis biar gue ga lupa, agendanya sampe penuh banget. Well, hampir mepet ke berantakan sih. Tapi lumayan banget loh, it helps. A lot.


Sejak ada si agenda dadakan ini, setiap gue kepikiran suatu hal atau dapet sms tentang jadwal rapat atau apapun itu, langsung gue tulis disini. Tapi tetep ada aja masalah, bahkan kadang gue lupa apa yang harus gue tulis. Perasaan udah gue tulis semua, tapi kayanya masih ada yang kurang. Nah kalo udah kaya gitu, gue biasa spend 10-15 menit buat ngeliatin itu agenda, dan hasilnya selalu aja ada yang kelupaan, agenda gue nambah penuh lagi.

See? Kemampuan mengingat gue makin kesini kayanya makin payah. Atau wajar ya? Soalnya gue pernah baca dimana gitu gue lupa, kalo kemampuan mengingat seseorang itu paling baik waktu masih kecil. Tapi itu berarti makin besar makin pelupa ga ya? Yang jelas, temen gue harusnya ga heran kalo gue suka manggil mereka, trus pas ditanya kenapa, kadang-kadang gue suka lupa mau ngomong apa.

No comments: