Saturday, December 11, 2010

Seperti yang asisten mau

Seharian ini, gue ngerjain tugas gue sebagai asisten mata kuliah: ngawas dan ngoreksi ujian. FYI, semester ini gue jadi asisten kuliah yang diambil sama 2 prodi. Dan total pesertanya 264 orang. Iya, gue ga becanda, 264 orang! Ditambah fakta bahwa ujian hari ini harus langsung dikoreksi karena nilainya harus cepet keluar. Jadi deh gue sama asisten yang lainnya kerja rodi. Tapi ga kerja rodi juga sih namanya kalo dibeliin kue, coklat, sama nasi padang :)

Well, back to topic, biarpun asisten yang ngoreksinya ada 6 orang, tetep aja yang namanya 264 berkas ya 264 berkas. Sebanyak itu! Awal-awal sih boleh lah ya semangat, tapi begitu masuk bundel kedua, mulai deh tanda-tanda kemalasan. Apalagi kalo tulisan di berkas ujiannya acak adut, sambil mata ngelirik ke bagian bundel yang belom diperiksa, ya ampun masih banyak! Pada saat ini, seneng banget deh rasanya kalo ada yang ga jawab, jadi meriksanya gampang, alias tinggal dikasih 0 (jahat ya).

Tapi berdasarkan kegiatan koreksi-koreksian ini, dan mengamati tingkah laku para asisten waktu koreksi, kayanya beberapa hal ini perlu diperhatikan deh. Jadi pelajaran buat gue juga sih kalo gue yang ujian, biar asistennya pas koreksi juga dengan senang hati, pikiran terbuka, dan dada lapang. Intinya, kita harus jawab tepat seperti yang asisten mau:

1. Gunakan kata-kata kunci aja
Terutama buat ujian yang sifatnya teori gini ya, yang jawabannya bisa tulisan semua, tanpa angka kecuali nomor. Pusing banget loh beneran deh ngeliat tulisan semua, padahal jawaban yang dicari cuma beberapa kata. 

2. Gunakan stabilo atau alat highlight lainnya
Tapi wajar sih, gue juga kalo lagi ujian, maunya jawab yang panjang, biar terlihat menguasai, padahal isinya ngemeng doang. Well, gapapa sih kalo jawaban mau dibacotin, tapi please kata kuncinya digaris atau distabilo. Jangan biarkan asisten yang mencari kata kuncinya, karna bisa aja yang dibacotin itu sebenernya salah, dan kalo pas kebaca, bisa ngurangin poin. Atau kalo asistennya cape dan males banget nyari kata kunci diantara tumpukan kata-kata, bisa-bisa langsung dicoret (yang ini sih jahat banget deh, ga kok gue ga gitu).

3. Sebisa mungkin tulisan yang rapi
Beneran loh, tulisan bagus itu ngaruh. Bukan karna tulisan bagus trus dikasih nilai bonus (please deh, kalian kan mahasiswa, bukan juru tulis). Tapi kalo dari awal tulisan udah bagus, rapih, bisa menimbulkan kesan positif di mata asisten loh. Kesannya nih anak menguasai banget bahannya, jawabnya aja ga keburu-buru, nulisnya sistematis. Sebaliknya, kalo tulisan jelek, mana bolpennya tipis lagi, udah deh kaya ngeliat struk abis belanja di supermarket yang pelit tinta, potensi dicoretnya lebih banyak.

4. Untuk soal hitungan, tulis yang lengkap
Mulai dari apa yang diketahui, apa yang ditanya, sampe satuan, semua kalo bisa komplit. Karna kalo semuanya komplit, kesannya jawabnya tuh sistematis. Meskipun mungkin akhirnya salah, tapi kalo asisten bisa ngeliat jalan berpikir si penjawab, biasanya akan dikasih nilai.

5. Jangan tulis kata-kata yang ga penting, atau bahkan sifatnya memohon
Ga perlu deh tuh tulisan "have no idea" atau nyalin ulang pertanyaan segala. Ga ada gunanya. Malah semakin menguatkan dugaan kalo sebenernya si penjawab ga tau apa-apa, dan biar keliatan penuh, trus soalnya disalin ulang, atau malah dijadiin wall curhat. Kalo ga bisa, ya ga bisa aja. Serius, ga akan ada penambahan nilai untuk hal-hal kaya begituan.

Itu sih beberapa hal yang gue note dari kegiatan gue sebagai asisten yang lagi koreksi 264 berkas ujian. Ya semoga bermanfaat. Gue juga sejujurnya ga sampe segitunya sih kalo jawab ujian. Gue kadang ga peduli kalo tulisan gue jelek, atau jawaban gue salah hitung atau apalah, karna menurut gue yang penting cara berpikir gue bener, harusnya asisten bisa ngerti dan ngasih nilai. Tapi seriously, asisten ga hanya koreksi 1 berkas. Hampir ga mungkin deh asisten sampe ngoreksi ke hal-hal yang super kecil (apalagi kalo literally tulisannya kecil, dikelilingi banyak tip-ex dan coretan). Asisten kan juga manusia.

No comments: