Friday, January 28, 2011

Survive a day without eating rice

Yak, sebagai orang Indonesia yang baik, mungkin beberapa dari kita ga bisa ngelewatin hari tanpa makan nasi. Contohnya bokap gue, mau udah makan sekenyang apapun juga, tetep aja harus ada nasinya. Kalo ga makan nasi, cepet laper lagi katanya.

Sebagai anak yang baik, gue jadi ikut-ikutan kebiasaan bokap gue yang harus selalu makan nasi di setiap meal time-nya. Meskipun kadang-kadang, gue lebih suka ga makan nasi karena makan nasi itu repot. Musti milih-milih lauk, belom lagi bosen karna makanan di sekitar kos itu-itu aja.

Jadi hari ini, gue tanpa sengaja melewatkan nasi dari makanan gue. Berawal dari temen gue yang bilang dia pengen makan ambokue (yang gue blom pernah denger sebelumnya), jadilah gue penasaran dan tanya-tanya sama om google. Eh ternyata nemu juga ambokue ini, langsung gue cek deh ke TKP.

Lokasi persisnya ga jauh dari belokan Jalan Kelenteng ke Jalan Kebonjati
Letaknya di Jalan Kebonjati. Katanya sih cuma ada dikit toko yang jual ambokue ini di Bandung, mungkin karna ini makanan non halal kali ya. Anyway, ternyata ambokue ini adalah sejenis carrot cake (atau gue biasa nyebutnya cai dao kue). Cuman yang ini lebih kenyal dari itu, dan mungkin terbuatnya dari tepung beras. Dan ambokue ini disajikan dengan teman-temannya, ada lap ciong (sejenis sosis, tapi non halal), go hiong (cincangan daging trus digoreng tepung, non halal juga), tahu goreng, telur, timun, dan disiram dengan kuah kental. Hasilnya? Here it is.

Sepiring ambokue ini harganya Rp 14.000
Rasanya? Enak! Kuah kentalnya berasa manis, tapi karena kental banget, gue jadi cepet kenyang. Ambokue-nya sendiri, boleh lah. Gue paling suka pinggirannya itu, ada rasa garing-garing pedes gitu. Tapi menurut gue yang patut cukup menonjol adalah telornya. Telornya dimasak kecap gitu, gue ga tau bahasa Indonesia-nya apa, tapi kalo nyokap gue suka bilang lo nui (nui artinya telor dalam bahasa Hokkian). Overall, makanan ini lumayan lah buat nambah pengalaman kuliner gue.

Dan karna ini gue makannya siang, jadi gue anggap makan siang. Eh ternyata jam 3an gue udah laper lagi. Mumpung ga ada kuliah, gue dan beberapa teman pergi ke Pisetta. Sejenis kafe yang jualan pancake, waffle, ice cream, dan kawan-kawannya. Lokasinya di Jalan Bahureksa yang terkenal sama ambulans-nya itu.

Disini, gue pesen Waffle Ice (Rp 25.000). Uniknya, kita bebas pilih es krimnya mau rasa apa, buahnya, dan sirupnya. Pilihan rasa es krimnya cukup banyak, ada vanilla cookies, black forest, rhum raisin, tiramisu, dll. Buahnya juga boleh pilih antara pisang, blueberry, strawberry, atau peach. Di atas waffle-nya, dikasih sirup yang kita juga yang nentuin mau rasa apa. Ada maple, coklat, tiramisu, dll.

Pilihan gue: Ice cream black forest, peach, dan sirup coklat
Rasanya, mouth-watering banget. Es krim black forest-nya berasa banget coklatnya, dan sirup coklatnya strong banget. Peach-nya, yum, gue ga pernah ga suka peach. Tempatnya sendiri juga enak buat kongko-kongko, apalagi kalo malam hari kayanya bakal lebih seru.

Beres makan, kita semua balik lagi ke kampus karna ada acara malem. Gue sendiri berasa pengen makan malem lagi, tapi blom laper. Akhirnya jam 10 gue baru makan malem, dan saking bingungnya gue, gue akhirnya makan ifumie di Balubur. Warung chinese food-nya lumayan favorit gue nih, karna rasanya enak, beda sama warung-warung chinese food lainnya.

Well, begitulah perjalanan kuliner gue hari ini. Anyway, gue seneng deh kalo tiap hari bisa makan ini itu yang beda dan unik. Gotta explore Bandung before I leave this town!

No comments: