Tuesday, February 15, 2011

CNY Holiday - Day 1

Yup, hari Imlek kemaren, gue pulang ke Medan yang bisa dibilang hometown gue. Soalnya dulu gue pernah tinggal di Medan sekitar 3 tahunan, dan keluarga gue juga kebanyakan ada di Medan. Makanya gue seneng banget kalo Imlek bisa pulang ke Medan. Kalo gue Imlek di Jakarta, palingan gue cuma berkunjung ke rumah 1 saudara gue, dan akhirnya ke mal. Kalo di Medan, banyak rumah yang  bisa dikunjungi, dan banyak juga yang dateng ke rumah gue. Dengan kata lain sih, jumlah angpao-nya bertambah cin..

Selain itu, suasana Imlek di Medan juga beda. Kalo di Jakarta, liburan paling cuma sehari, dan itupun ga terlalu berasa, kecuali lu jalan ke mal, yang hiasannya merah semua. Kalo di Medan, liburannya bisa berhari-hari, dan suasana sepanjang jalan juga meriah. Kerasa banget Imleknya, apalagi di sekitar rumah gue, meja sembahyang dan hio segede-gede gaban ada di depan rumah. Dimana-mana orang bisa ber-kiong hi-kiong hi, beda dengan di Jakarta, yang kiong hi-nya paling lewat telpon doang.

Anyway, gue terakhir ke Medan 2 tahun lalu. Tahun ini juga sebenernya ga ada rencana mau ke Medan sih. Tapi karna ternyata orang rumah pada pergi, gue jadi tergiur juga buat ikutan. Meskipun cuma 3 hari, lumayan lah buat ketemu keluarga dan saudara-saudara disana.

Jadi gue berangkat ke Medannya itu pas hari-H Imleknya. Emang udah jadi kebiasaan kalo ke Medan itu berangkatnya pas hari-H, karna malem sebelum Imleknya, gue selalu sembahyang dulu di rumah. Flight pagi jam 7, gue dari jam 5 udah berangkat ke airport. Meskipun mata masih 5 watt (maklum baru kelar sembahyang jam 1 dan udah bangun jam 4), tapi hati tetep semangat deh. Karena masih pagi, jalanan ga macet, dan beres check in, kita masih punya waktu sekitar 1 jam buat nunggu boarding.

Perjalanan selama 2 jam gue isi dengan tidur, supaya begitu sampe Medan, siap beraktifitas. Ternyata eh ternyata, begitu sampe Medan malah ujan. Karena airport di Medan blom pake aviobridge, kita dijemput pake bus begitu turun dari pesawat. Ya not bad lah, daripada disuruh jalan kaki dari landasan ke airport.

Begitu sampe di rumah, seperti biasa yang lain pada beres-beres. Gue, langsung ngambil posisi favorit gue di ruang tamu, buka-bukain toples kue, dan makan sambil nonton. Sesekali gue pindah ke belakang, karna ada tamu yang dateng. Ya, rumahnya penuh banget kalo lagi Imlek gini. Semua saudara kumpul, dan gue punya 10 sepupu yang kalo dikumpulin bisa bikin keributan sendiri.

Sekitar jam 3, dimana tamu-tamu mulai pulang, kita pun mulai cabut jalan-jalan. Tujuan pertama adalah sesuai request gue, Durian House. Gue belom pernah kesini sebelumnya, dan katanya durian pancake-nya recommended. Ternyata, yang dimaksud durian pancake itu cuma daging buah durian yang dibungkus pake sejenis crepes gitu. Ukurannya ga begitu besar, sekitar 3 kali gigit lah, harganya 7500. Menurut gue, lebih enak makan durian aslinya sih.

Durian pancake, standby dalem kulkas
Tujuan berikutnya adalah Sun Plaza. Disini kita cuma jalan-jalan aja ngisi waktu. Sekalian main-main sama sepupu-sepupu gue. Entah kenapa, menurut gue, mal dimana-mana sama aja. Jadi standar aja sih.

Berikutnya, gue mampir ke rumah saudara gue yang buka restoran mi. Katanya sih restorannya cukup terkenal di Medan, namanya Mi Lindung di Jalan Singa. Disini, ga lupa dong gue makan mi-nya. Buat yang ngira ini mi pake lindung, bukan loh. Gue juga ga tau darimana nama "lindung" itu dateng, tapi yang jelas bukan karna mi-nya dipakein lindung. Tapi mi-nya enak loh, apalagi ada siobak garing yang jadi favorit disini.

Beres makan mi (dan ngobrol-ngobrol), sepupu gue pada mau maen Timezone. Akhirnya kita lanjut ke Thamrin Plaza. Malnya lumayan deket sama rumah, makanya gue lumayan sering ke mal ini kalo di Medan.

That's all cerita perjalanan gue selama di Medan. Malemnya gue beres-beres lagi, karna besok mau berangkat ke Brastagi. Gotta tell you later!