Friday, March 18, 2011

Masa labil

Semua orang pasti pernah punya masa labil kali ya. Masa-masa dimana kita sendiri ga tau mana yang bener-bener bener sama yang ga. Masa-masa dimana kita cuma temenan sama orang yang kita mau, bukan sesuai teori sama siapa aja. Masa-masa dimana kita ngerasa kita yang paling bener dan semua orang musti merhatiin dan ngerti kita. Dan yang paling penting, masa-masa dimana kita susah buat ngontrol emosi sendiri. Yup, gue pernah.

Ngomong-ngomong labil, gue jadi inget dulu pas SMP, gue pernah sebel banget sama satu orang cuma karna masalah yang simpel. Well, at least sekarang gue bisa bilang itu simpel sih. Tapi dulu, widih gue emosi berat loh. Sederhana, intinya orang itu cuma ngopi tugas gue tapi ga mau jujur kalo dia ngopi, dan dia bohong sama guru olahraga waktu ujian lari keliling lapangan (biasa lah, ngaku-ngaku udah 6 puteran padahal cuma 5). Simpel kan? Tapi kalo ini terjadi sama anak SMP labil, mungkin bisa jadi masalah besar.

Gara-gara masalah ini, gue ga pernah ngomong sama orang itu. Sampe sekarang. Iya, sampe sekarang. 3 tahun gue masih 1 SMA sama orang itu, bahkan pernah sekelas. Tapi satu patah kata pun ga pernah gue ngobrol sama dia. Sampe sekarang pun gue ga friend sama dia di facebook, jadi bisa dibilang udah bener-bener lost contact. Well, bukannya gue gimana-gimana sih, abis dianya juga cuek (ngambekan ya hahaha). Tapi intinya, cuma dari masalah sepele dan kecil kaya gitu, bisa bikin kita ga ngomong selama bertahun-tahun dan putus hubungan. Kalo accidentally ketemu dia di jalan juga mungkin ga akan saling nyapa deh. Thing goes to awkward.

See? Betapa gampangnya musuhan sama 1 atau beberapa orang. Meskipun (mungkin) kita sama-sama tau kalo masalah itu sepele dan ga penting lagi buat diinget-inget, tapi buat balikin keadaan kaya dulu dan be friend lagi susah kan? Luar biasa ya efek labilitas manusia.

Jadi keinget lagi 1 kasus. Waktu jaman SMA mau ujian akhir, sempet ada gap di kelas. Gue sama beberapa temen gue sempet dijauhin (kayanya sih gitu) karna dianggap arogan dan eksklusif. Permasalahannya simpel, kita pura-pura punya bocoran soal ujian akhir. Kalo dipikir pake logika, mana mungkin? Di kota Jakarta yang pengamanan soalnya ketat banget, dan di sekolah yang ga bisa dibilang loyo, mungkin gitu bisa dapet bocoran soal? Tapi herannya, ada aja yang percaya, dan kita juga nanggepin lagi. Labil banget deh.

Gara-gara kejadian itu, hubungan jadi kurang baik. Sampe sekarang pun, hubungan kita ga bisa dibilang balik normal lagi. Gue pribadi sih berusaha tetep keep contact sama semuanya, ya sebatas facebook oke lah. Toh gue juga jauh kan kuliahnya dari kebanyakan mereka, jadi wajar kalo jarang ketemu. Tapi gue denger-denger, masih ada 1 atau 2 orang yang entah karna percaya atau gimana, sampe sekarang masih dongkol kalo ketemu temen-temen gue yang sama-sama acting itu. Segitu dahsyatnya efek kerjaan labil dan iseng, sampe bisa merusak hubungan baik gitu.

Makanya setelah dipikir-pikir lagi, ga baik juga terlalu banyak tingkah. Tapi kalo emang lagi sama-sama labil, ya gimana ya?

Dipikir-pikir, gue juga lagi labil deh ini kayanya makanya nulis beginian.

No comments: