Saturday, March 26, 2011

Restoran jaman sekarang

Gue termasuk orang yang sering makan di luar (ya iyalah kalo ga makan diluar, dimana lagi dong?). Makanya gue bisa dibilang cukup akrab sama restoran atau tempat makan lainnya, dan juga punya cukup banyak keluhan tentang restoran jaman sekarang. Kalo dulu, mungkin servis dan pelayanan adalah segalanya ya, tapi kalo sekarang, kayanya orientasi ke keuntungan makin besar tanpa diimbangi sama pelayanan yang semestinya. Ini nih tingkah restoran jaman sekarang:

1. Ada maksud terselubung di balik compliment
Jadi ini ceritanya udah hampir setahun lalu. Gue lagi makan sama temen-temen gue di salah satu restoran di mal di Jakarta. Maklum lah karna kita jarang ketemu, jadi sekalinya ketemu bisa ngobrol lama banget. Bahkan sampe orang yang dateng makan belakangan dan udah pergi dan udah ganti orang lagi dan orang itu juga udah pergi, kita masih belom beres, ngobrolnya. Dan lagi asik-asik ngobrol gitu, tiba-tiba pelayannya nyamperin kita sambil bawain 2 gelas es krim yang lumayan besar. Katanya sih compliment. Karna kita juga udah kenyang dan males makan dan semangat ngobrol, es krimnya akhirnya ga dihabisin (dicicip dikit doang). Pas udahan (ngobrolnya), kita pun bayar dan cabut. Sebagai orang yang hobi ngeliatin struk, gue pun ambil struknya dan ngeliat ada yang aneh. Di daftar pesenan kok jadi ada 2 gelas compliment ice cream, tapi ada harganya, dan ditotal pula. Artinya, kita bayar juga si es krim compliment itu, padahal kita ga mesen bahkan. Aneh.

2. Perhitungan tax yang ga semestinya
Kalo kita makan di luar, kebanyakan ada tax-nya kan ya, wajar lah ya. Tapi yang ga wajar adalah ketika tax itu sengaja diitung berlebihan. Kejadiannya baru aja kemaren ini, gue makan sama temen gue. Totalnya 64.000. Dan di bagian tax di bill-nya ada tulisan 10%. Trus pas ditotal tau-tau jadi 71.000. Ade gue yang SMP aja ngerti kali ya kalo 64.000 tambah 10% itu jadinya 70.400. Tapi ini kok bisa 71.000 ya? Bukannya perhitungan atau gimana sih (toh gue juga bayar-bayar aja, ga pake nanya si ekstra 600 itu darimana), tapi kalo gitu caranya sih namanya ga wajar. Kalo mau dibilang pembulatan juga, kejauhan deh ya kayanya. Mungkin maksudnya biar bulet aja ga pake ratusan, atau emang maksud mau ngelebihin gitu, ya tapi either way ga usah pake nulis 10% di bill-nya dong, kan yang makan juga ga bego-bego amat.

3. Sistem delivery yang suka-suka sama tukang anternya
Beberapa bulan lalu, gue kan lumayan sering tuh nginep di kampus karna ngerjain penelitian. Kebiasaan gue, makin malem gue tidur, makin sering laper juga. Makanya, gue selalu delivery setiap lagi nginep di kampus. Dan, sampailah suatu saat dimana gue memutuskan buat delivery fast food yang lumayan terkenal dan buka 24 jam (karna itu udah jam 12 malem). Coba nelpon ke call centernya, ga diangkat. Jadilah usaha nelpon ke storenya langsung. Pertama nelpon yang cabang terdekat dari kampus, si mbaknya malah bilang: " Maaf Mas, ayamnya abis". Nah loh, padahal itu restoran cepat saji spesial ayam goreng bahkan.. Ya oke lah, gue usaha lagi nelpon store lain. Kali ini gue berhasil mesen, dan setelah nunggu kurang lebih setengah jem, si delivery man-nya nyampe. Pas gue bayar, eh dia malah ngomong "Pesennya malem-malem banget sih Mas, kan pada ga ada yang mau nganter". Dalam hati gue, lah ini bukannya emang kerjaan lo? Kan buka 24 jem katanya? Kenapa jadi curhat? Tapi karna gue agak kasian juga secara dia harus naik ke lantai 4 tanpa lift (karna udah dimatiin kalo malem), jadinya gue cuma bilang makasih aja, sama ambil aja kembaliannya. Daann kemaren ini a friend of mine tweeted something like this: "baru sekarang gue mau delivery gabisa dengan alasan yang nganter lg tidur -_- restoran macem apa deh effortnya kecil banget zzJaman sekarang delivery man emang rocks!

4. Jem tutup jadi lebih cepet, bahkan disaat orang-orang normal masih nyari makan
Kemaren gue sempet ke restoran, sekitar jam 9 malem gitu. Masih wajar lah ya, untuk ukuran Bandung di hari weekend dan di daerah tempat nongkrong. Udah ujan-ujanan ke situnya, nyampe-nyampe masnya malah bilang "Maaf Mas, udah mau tutup". Nah loh, baru juga jem 9. Emang sekarang restoran cepet banget ya tutupnya? Gue juga pernah dulu, lagi enak-enak makan es krim di salah satu kedai es krim di Bandung, tau-tau mbaknya bilang udah mau tutup juga. Masih sekitar jam 9 juga waktu itu. Heran, gue pikir makin malem makin rame, ternyata mas mbaknya juga mau malem mingguan kali ya.

Tapi gue nulis kaya gini bukan berarti semua restoran kaya gini loh ya. Ga bermaksud menggeneralisasi juga, ini cuma kumpulan pengalaman buruk gue sama beberapa restoran yang menurut gue agak ga wajar kok.

No comments: