Tuesday, April 5, 2011

By-phone interview

Tadi siang, gue baru aja diinterview by phone sama salah satu perusahaan yang sempet gue apply. Baru pertama kali nih gue diinterview lewat telepon gini. Dan lu harus tau ya, menjelang interview itu gue deg-degan banget. Yang pertama, takut HP gue tiba-tiba ga ada sinyal trus ga bisa nerima telepon. Soalnya beberapa kali sempet kejadian, HP gue baik-baik aja keadaannya, tiba-tiba dapet sms "you've been called" gitu. Aneh emang. Trus, gue juga takut ntar ga ngerti diajak ngomong apaan. Secara interviewnya bakal pake bahasa Inggris. Bukannya gue ada masalah dengan Inggris, tapi buat gue lebih nyaman aja kalo ngobrol Inggris tuh face to face. Jadi kalo ga kedengeran dia ngomong apa (apalagi logat bule yang serak gitu kan), gue masih bisa dapet clue dari mulutnya. Nah kalo lewat telpon, alamat gue pardon me pardon me trus nih.

Jadi yang mau interview ini janjinya jam 2. Jam 1.50 gue udah siap-siap nyari tempat sepi (secara gue lagi ada acara seminar di kampus) dan nungguin telpon itu. Ga lama nunggu, tau-tau udah ada telpon, tapi loh kok nomer Bandung? Pas gue angkat, tau-tau dimatiin. Sial, gue padahal udah siap nyerocos aja nih. Trus ga berapa lama kemudian, HP gue geter lagi. Eh ternyata ada sms. Dari nomer yang tadi nelpon gue, isinya "ini tyo? kok suaranya beda?" Grrr..ada aja ya di saat penting kaya gini pake salah sambung segala. Akhirnya gue cuekin deh itu sms.

Nunggu-nunggu lagi, trus beneran ada telpon dari nomer Jakarta. Begitu diangkat, gue agak lega karna logatnya orang Indonesia. Kalo gini sih ga usah takut ga ngerti dia ngomong apa deh. Interview pun dimulai, basa-basi dikit, introduction bla bla bla, sampe tiba tiba telponnya putus. Loh kok? Doh sinyal mulai cari masalah nih. Akhirnya gue nunggu lagi, karna ga mungkin gue yang telpon balik. Itu kan nomor kantor yang pake extension gitu. OK, ga berapa lama, ditelepon lagi. Setelah minta maaf karna tiba-tiba putus tadi, trus gue mulai ngenalin diri lagi karena ternyata dari tadi suara gue kedengerannya putus-putus. Baru juga berapa kalimat, eh putus lagi. Grrr.

Gue mulai panik deh ini. Udah ditungguin lagi agak lama, kok ga ada yang nelpon lagi. Jangan-jangan interviewernya ngambek trus ngebatalin application gue. Oh tidakkk. Setekah agak lama lagi, akhirnya dapet telpon lagi, tapi dari nomer HP. Ternyata masih interviewernya, tapi katanya pake HP dia aja, siapa tau koneksinya bisa lebih bagus. Dan setelah gue ngomong, putus lagi dong! Haduh gue bete banget deh ini sama mas mbak indosat, belom pada gajian kali ya.

Untungnya telepon yang keempat, ga putus-putus lagi. Sebenernya gue akhirnya coba keluar dari gedung sih, jadi telpon di bawah terik matahari gitu. Apa aja deh buat kerjaan ini (murahan ya gue). Akhirnya berhasil juga diinterview dan ngomong panjang lebar buat promosi diri. Ohya, karena yang interview itu HR-nya, jadi pertanyaannya lebih ke personality, macam what is your proudest achievement, what is your weakness, semacem itu lah. Bisa lah kalo jawab begituan sih. Akhirnya interview berjalan lancar selama setengah jem kurang lebih, dengan gue dijemur di bawah terik matahari, dirayapin semut karna gue duduk di lantai, dan diiringi suara nadasela berkali-kali. Bentar, suara nadasela?

Iya, tau kan itu semacam bunyi telpon putus gitu, yang tandanya ada telpon yang mau masuk.  Awalnya gue juga ga nyadar sih itu nadasela, gue pikir itu sinyalnya yang jelek lagi. Baru nyadar setelah interviewnya udahan, trus gue cek HP gue, ada missed calls 15 kali boo.. Dari nomer yang tadi salah sambung, yang manggil gue tyo. Heran ya, di saat penting kaya gini tuh ada aja yang gangguin. Grr, untung ga mutusin telpon gue ya.

No comments: