Monday, April 4, 2011

Saya belom KP loh

Oke, mari gue ceritakan. Jadi di jurusan gue itu, waktu normal buat kerja praktek alias KP adalah liburan antara semester 6-7. Sebenernya KP sendiri adalah kuliah wajib semester 7, tapi ga mungkin kan KP selama liburan Desember-Januari. Nah, gue sendiri, harusnya udah KP. Harusnya loh ya. Tahun lalu bahkan nama gue udah terdaftar sebagai peserta KP, dan gue juga udah dapet perusahaan tempat gue harusnya KP.

Sampai suatu saat dimana ada satu perusahaan minyak multinasional ngebuka kesempatan magang, atau istilah kerennya internship. Nah gue pun tertarik buat ikutan internship ini meskipun konsekuensinya harus KP tahun depan (liburan semester 8), alias lulusnya ditunda jadi paling cepet Oktober.

Banyak yang nanya, kenapa ga KP dulu aja, trus internshipnya tahun depan aja. Biar bisa KP bareng dan kemungkinan bakal lulus bareng (Juli) juga. Nah, ternyata program magang itu dikhususkan buat mahasiswa tingkat 3, jadi pas banget emang sama waktunya KP. Padahal ya saudara-saudara, banyak ternyata temen magang gue yang udah tingkat 4 juga. Ya sudahlah, kesempatan juga ga dateng 2 kali kan.

Trus ada yang nanya juga, emang internshipnya ga bisa diitung KP tuh? Kan sama aja, bahkan waktunya lebih lama sebulan kan dibanding KP biasa. Lah emang iya, tapi justru itu. Karna waktunya lebih lama jadinya harus ga masuk kuliah. Nah koordinator KP di jurusan gue ga mau ngurusin yang begituan, karna emang bukan urusan dia sih. Trus lagi nih ya, KP di jurusan gue itu perusahaannya harus dipilihin sama koordinatornya. Bisa sih ngajuin perusahaan sendiri, tapi ribet, musti ngajuin deskripsi prosesnya, trus juga si perusahaannya musti nyediain tempat minimal buat 2 orang, karna aturan KP dari jurusan musti pasang-pasangan. Ya sudahlah, toh kata kakak kelas gue yang ikutan internship tahun lalu, udah dicoba ngajuin internship buat gantiin KP tapi tetep ga bisa.

Jadi deh tahun lalu gue internship dulu. Meskipun nunggu pengumuman keterima apa ga-nya agak bikin deg-degan karna gue udah ngundurin diri dari KP jurusan, tapi belom ada kepastian tentang internship ini. Seapes-apesnya ga keterima, gue bantuin emak bapak gue di rumah deh. Tapi untungnya keterima.

Jadi ya, gue baru KP tahun ini. Di saat temen-temen gue kebanyakan udah pada beres ngurusin laporan KP yang tebelnya amit-amit, gue baru mulai ngurus daftar KP, kaya tahun lalu. Nah di masa-masa kaya gini, dimana euforia orang-orang udah mau lulus dan gue masih belom  KP, gue emang jadi minoritas. Lihatlah beberapa dialog gue sama temen gue ini.

Adik kelas gue, yang jadi penanggung jawab acara sharing KP buat angkatannya yang mau KP tahun ini, alias bareng sama gue.
J: Jun, mau jadi pembicara ga buat sharing KP?
Gue: Gue?
J: Iya, mau ga?
Gue: GUE? Gue blom KP kali.
J: Oh iya, ntar lu ikutan acaranya ya kalo gitu.
Gue: ...

Temen gue yang suka nyeletuk seenaknya, ngomong dulu baru mikir, pas lagi ngeliat daftar nilai KP.
A: Liat apaan Jun?
Gue: Nih daftar nilai KP.
A: Oh. KP lu A ya?
Gue: Nyemm..
A: Oh iya gue lupa! (padahal baru beberapa hari yang lalu dia ngajarin gue hysys buat dipake pas KP ntar).

Temen gue yang lain, pas lagi ngobrolin kerjaan apa aja yang musti dikerjain.
Gue: Doh ni ngurusin laporan banyak banget deh. Laporan penelitian, RP, sama KP juga.
M: KP? Laporan lu masih blom beres juga?
Gue: Ya belom lah, orang gue juga baru mau mulai buat. (ceritanya sok rajin, bikin laporan padahal blom berangkat).
M: Hah? Ga ngerti gue.
M: Oh iya lu kan belom KP ya!

Ya begitulah, jadi gue sekarang lagi beresin semuanya, biar ntar gue berangkat KP dengan tenang, dan pulang-pulang bisa langsung belajar buat ujian kompre. Doakan gue lulus Oktober ya!

No comments: