Thursday, March 31, 2011

Berburu chinese food

Well, by Chinese food, I mean that one contains pork. Meskipun ga setiap chinese food itu non-halal ya, tapi buat gue, the real chinese food itu ya yang mengandung pork. No offense sebelumnya.

Setau gue, tempat-tempat makan kaya gitu banyak di daerah sekitar Pasir Kaliki, contohnya yang paling oke ya di Cibadak. Beberapa kali gue makan disini, blom pernah bosen sampe sekarang. Soalnya ya itu satu jalan jualan makanan semua beraneka ragam, dan berasa pas aja di lidah, meskipun kadang ada yang beda dengan yang biasa gue makan, ya wajar lah beda kota beda rasa. Jangan salah, ga semua makanan disini non-halal. Banyak juga makanan yang bisa dimakan siapa aja, soalnya disini juga ada japanese food sampe nasi kuning. Plus jajanan ringan macam wedang ronde, bola ubi, martabak, sampe gehu juga ada disini.

Beberapa hari yang lalu, gue kesini sama temen gue. Kita makan banyak, mulai dari bubur ayam (ayamnya enak dan banyak!), ambokue, ngemil bola ubi, wedang ronde, kuotie, sama carabikang. You should know why I love this place! Begitu gue cerita sama nyokap, dia langsung semangat minta diajak ke sini kalo lagi di Bandung.

Dan karna nyokap juga nanyain di Bandung ada yang jualan char kway teow atau ga, gue langsung semangat nyari di sini. Dan kemaren, gue nemuin ada salah satu penjual kwetiau goreng di sini. Awalnya berharap dapet char kway teow yang enak macam di Jelambar atau Pluit, tapi penampilannya kok agak beda ya. Agak item dan mirip kwetiau goreng tek tek. Tapi jangan salah! Begitu dimakan, rasanya enak! Meskipun emang beda kaya yang biasa gue makan di Jakarta, tapi yang ini enak juga. Rasanya dominan manis, dan isinya juga ada dagingnya. Gue ga tau itu daging diapain, tapi rasanya enak banget. Harganya juga beda sama kwetiau tek tek biasa, yang ini 19 ribu bo. Tapi boleh lah karna dagingnya ga pelit.

Oh, dan satu lagi di Cibadak ini, harus coba bakpaunya. Isinya macem-macem mulai dari asin, manis, chashao (kind of spiced Cantonese honey roast pork, Wikipedia), sampe kacang ijo juga ada. Agak bingung dengan rasa asin dan manis, gue nanya sama yang jual. Oh ternyata yang dimaksud itu isi daging asin dan manis. Tapi karna penasaran sama chashaonya, gue pun beli yang itu. Pas dimakan, dagingnya enak banget dan surprise, ada telornya juga! Rasanya kaya makan bacang tapi yang ini bakpau. Perpaduan rasa daging chashao sama telornya unik banget! Should try.

Bergeser dikit dari Jalan Cibadak, ada yang namanya Jalan Kelenteng. Sesuai namanya, disini emang ada kelenteng. Pertama kali ke sini ya, pemandangannya berasa kaya di Medan deh. Bangunannya, orang-orangnya, anak kecil yang pulang sekolah naik becak, oh everything is so Medan. Back to topic, disini ada yang jualan nasi campur. Namanya nasi campur Bintang.


Kabarnya sih nasi campur ini cukup terkenal di Bandung, dan ga pernah sepi. Gue sih udah 2 kali makan disini, dan rasanya boleh lah buat mengobati kerinduan sama makanan di Jakarta. Penyajiannya emang agak beda. Nasinya itu nasi putih biasa disirem kuah coklat, beda sama yang di tempat lain yang biasanya dikasih nasi hainam. Trus kuahnya juga kuah kaldu biasa tanpa isi apa-apa, biasanya kan dikasih sayur asin sama dagingnya dikit tuh. Tapi beda kota emang beda penyajian kali ya, tergantung lidah dan seleranya masing-masing. Soal harga, agak sama sih dengan nasi campur umumnya. Sepiring nasi campur harganya 25 ribu, tapi puas deh makannya. Dagingnya banyak dan melimpah ruah, plus sate sama beberapa potong bakso goreng.

Nasi campur komplit ala Bintang

No comments: