Saturday, May 21, 2011

I'm drug free

Berhubung gue bentar lagi mau kerja praktek, jadi gue harus ngelengkapin syarat-syarat dokumen administratif gitu lah. Mulai dari surat keterangan sehat, surat bebas buta warna (for God sake, kalo gue buta warna gue ga masuk jurusan gue kali!), hasil tes darah, sama surat bebas narkoba.

Kalo surat keterangan sehat sama buta warna sih gampang. Gue tinggal minta di klinik kampus. Dan lu harus tau ya, pemeriksaannya itu lame banget! Untuk dinyatakan sehat, gue cuma diukur tekanan darahnya. Dan untuk dinyatakan ga buta warna, gue cuma disuruh baca angka yang dikasih warna-warni gitu (bahkan gue sempet salah baca, dan ditungguin sampe bener bacanya. Jadi gue buta warna gitu?). Udah, kaya gitu doang. Langsung dapet surat keterangan sehat dan tidak buta warna. Ya buat gue sih oke lah ya, makin simple makin baik secara gue males yang ribet-ribet apalagi makan waktu lama. Tapi, masa gitu doang sih tesnya?

Trus cek darah di lab. Nah ini bukan pertama kalinya gue cek darah beginian. Kan sebelumnya gue sempet internship yang pake med check juga kan sebelum masuk. Tapi sebelumnya, gue ga pernah tau hasil cek nya kaya apa. Karna hasilnya langsung dikirim ke kantor, dan gue ga tau. Jadi ini cek darah pertama yang hasilnya bisa gue liat. Dan ternyata hasilnya bagus! Kolestrol sama gula darah semua masih normal. Aman lah ya.

Nah, barusan ini gue bikin surat keterangan bebas narkoba. Jadi awalnya gue nanya di klinik kampus, kalo mau buat surat narkoba gitu dimana. Eh ibunya malah jawab gini: "Mas coba ke rumah sakit jiwa di Jalan Riau deh". Gue langsung "HAHH?!?" Gue ga gila, Bu. Sumpah.

Setelah nanya-nanya, akhirnya gue disuruh ke polwiltabes. Sebenernya ada juga sih di rumah sakit, cuma katanya lebih mahal. Gue tentu milih yang lebih murah lah ya, apalagi cuma urusan beginian. Dan gue denger-denger kalo di rumah sakit itu waktunya bisa lama, kalo di kepolisian lebih cepet. Oke lah akhirnya gue ke kantor polisi itu barusan. Sampe disana, gue dimintain fotokopi KTP sama pas foto. Trus dikasih wadah buat nampung sampel urine. Abis ngasih sampel urine, duduk bentar, tau-tau suratnya jadi. Ternyata secepet itu loh tes urine gue. Mungkin cuma dicelupin kertas macam kertas pH gitu kali ya. Atau gimana lah gue ga ngerti caranya. Pokoknya itu ada 5 item narkoba yang gue dinyatakan free, dan ujung-ujungnya gue dimintain 150 ribu.

Pas gue mintain kwitansinya, mbak-mbaknya (iya, yang kerja di bagian klinik ini mbak-mbak, dan kayanya ga ada dokternya) bilang disini ga nerbitin surat pembayaran gitu. Males deh gue berdebat, gue kasih aja duitnya. Padahal gue ga ngeliat ada tulisan atau pengumuman yang bilang musti bayar 150 ribu buat bikin surat narkoba gitu. Tapi ya sudah lah, bikin beginian juga ga sering-sering. Tapi sejujurnya gue ga nyangka loh bakal semahal itu, makanya gue ga bawa duit banyak-banyak. Tapi untung aja cukup, jadinya di dompet gue cuma sisa 30 ribu. I'm so broke.

No comments: