Monday, May 16, 2011

Lulus gak ya?

Jadi ternyata hari ini harinya anak-anak kelas 3 SMA. Hari yang paling deg-degan, atau kalo buat mereka-mereka yang udah yakin lulus, hari ini jadi hari yang pasti udah direncanakan dari jauh-jauh hari: mau jalan kemana, sama siapa, ngapain, foto dimana, bawa apa, dan sebagainya.

Yup, jadi hari ini pengumuman lulus-lulusan SMA. Hari yang paling dinanti seluruh anak yang udah ikutan UAN, termasuk gue 4 tahun yang lalu. Gue sendiri, waktu nunggu kelulusan SMA, sibuk dengan urusan siap-siapin SPMB. Bukannya sok-sok yakin udah pasti lulus, tapi kan harus optimis toh. Waktu hari pengumuman kelulusan itu ya, wali kelas masing-masing bagiin sejumlah amplop yang isinya surat kelulusan. Jadi setiap orang yang namanya dipanggil untuk ngambil amplop, secara gak langsung udah dinyatakan lulus. Tapi gimanapun, pengumuman macem gini ga seru kalo ga ada yang dikerjain. Jadi wakil kepala sekolah gue yang iseng, udah ngumpetin sejumlah amplop kelulusan. Jadinya wali kelas ga megang amplop buat semua isi kelas. Nah orang-orang yang ga dapet amplop dari wali kelas itu, harus ke ruang wakasek buat tau nasib mereka.

Serunya, semua anak-anak malah ikutan turun ke wakasek. Iya, satu angkatan ikutan nemenin beberapa orang yang belom dapet amplop itu. Entah diomongin apaan di dalem ruangan, yang jelas ada anak-anak yang lega (mungkin udah dapet surat kelulusan), ada yang bengong (masih belom jelas nasibnya), ada yang nangis (mungkin karna deg-degan parah, atau divonis ga lulus sama si wakasek iseng). Tapi at the end, semuanya lulus kok. Lulus 100%.

Pesta kemenangan langsung tumpah di lapangan sekolah. Semuanya teriak, lompat, kayang, salto, terbang. Gue, dan beberapa temen, malah foto-foto sambil ngucapin selamat satu sama lain. Sampe sekarang masih kebayang momen itu. Momen dimana satu angkatan tumpah ruah ke lapangan sekolah. Momen dimana guru-guru juga pada ikutan euforia lulus ini. Momen dimana kerja keras selama 3 tahun terbayar dengan secarik kertas di amplop itu.

Ini saking penuhnya, gue suka bingung muka gue ada dimana
Seneng ya kalo inget masa lalu. Gue sendiri sampe sekarang masih pajang foto kelulusan gue di kamar. Entah, rasanya sayang dan terlalu indah aja buat dilupakan. Apalagi tau kalo momen itu bakal jadi salah satu momen terakhir kita kan di SMA. Ya, yang paling terakhirnya graduation day. Selebihnya sih ada jalan bareng temen-temen, tapi ya cuma sama temen deket doang, ga satu angkatan.

Gue yang pake dasi kuning, in case you can't find me
Kalo inget masa-masa indah kaya gitu, jadi pengen balik lagi loh. Kalo inget tentang masa-masa SMA, banyak lah yang bisa diceritain. Mulai dari baik, jelek, busuk, lucu, ngeselin, dan hal-hal lain lah. Tapi yang jelas, ga bakal deh gue lupa masa SMA gue. Too precious soalnya. Kalo masa SMP sama SD, gue sih udah agak nge-blur. More on that later.

No comments: