Thursday, May 5, 2011

Psikotest

Jadi ceritanya tadi gue abis psikotest dalam rangka apply kerjaan. Psikotest-nya langsung di lembaga konsultan gitu, jadi langsung sama psikolognya. Layaknya psikotest biasa, gue harus ngerjain soal super banyak, ngitung-ngitung dalam 1 lembar kertas yang isinya angka semua, gambar-gambar (yang sampe sekarang selalu gue isi dengan gambar muka orang - yang lebih mirip muka badut penyok), dan soal-soal geometri gitu. Bedanya, sesi psikotest kali ini include group discussion sama interview. More on that later.

Tadi ya, ada 2 buku yang isinya pertanyaan semua, banyak banget. Ada kali 200 soal. Jadi intinya kita disuruh milih pernyataan yang paling mencerminkan kita. Jadi ga ada jawaban yang bener atau salah, pilih yang sesuai sama kita aja. Tapi sebebas-bebasnya, tetep aja gue kalo jawab begituan juga pake mikir. Misalnya pilihannya antara "saya ini pekerja keras" sama "saya malas berteman", ya jelas lah gue pilih yang pertama. Tanpa pikir panjang. Apalagi tujuannya ini kan buat apply kerjaan. Maklum lah ya.

Nah jadi tadi ada soal-soal nyeleneh yang terselip. Kenapa gue bilang nyeleneh, karna pilihan jawabannya menurut gue sangat obvious. Orang lain, yang bukan ikutan psikotest dengan tujuan dapet kerjaan, kemungkinan juga bakal langsung jawab tanpa mikir. Ya iyalah, bayangin aja soalnya kaya gini:
"Saya merasa sedih atas ketidakmampuan saya menghadapi berbagai macam keadaan" atau "Saya suka buku, sandiwara yang berkisar soal seks"
Pilihan jawaban pertama menggambarkan orang yang pantang menyerah dan cenderung mau belajar, sedangkan pilihan kedua menggambarkan ... (obvious lah ya). Nah bayangin aja misalnya ada anak SMA yang ikut test beginian, hanya sekedar untuk tau bakat let's say buat referensi milih jurusan kuliah gitu. Kebayang kan rekomendasi apa yang dikasih sama si psikolog kalo ngeliat anak SMA itu ngejawab pilihan kedua? Maksud gue, dalam keadaan apa seseorang bakal jawab pilihan kedua coba?

Nah gue sendiri juga udah jelas lah ya milih jawaban pertama. Masalahnya, soal-soal kaya gitu ga muncul sekali dalam buku soal, tapi berkali-kali. Dan kadang pilihannya lebih sulit. Contohnya kaya gini:
"Saya ikut serta dalam diskusi dan aktivitas seks" atau "Saya ingin melakukan setiap hal dengan cara saya sendiri tanpa menghiraukan pemikiran orang lain"
Kalo jawab pilihan kedua, rasanya kok egois banget ya. Tapi kalo jawab pilihan pertama, gue ga mau dianggap freak yang coba-coba apply kerjaan. Akhirnya gue tetep jawab pilihan kedua, karna menurut gue masih ada sisi positifnya. Bisa aja kan jawaban itu menggambarkan gue itu orang yang determined, strict, sama baik dalam pengambilan keputusan. Hm boleh lah.

Makin ke belakang, soalnya makin susah. Pilihan nyeleneh makin sering muncul. Dan pasangannya pun sama negatifnya. Contohnya gini.
"Saya suka mendengarkan sejumlah lelucon yang berkisar soal seks" atau "Saya membalas dendam terhadap orang yang menghina saya"
Nah loh, bingung kan pilih yang mana. Dua-duanya sama negatifnya. Ga ada sisi positifnya. Kalo udah dipaksa keadaan gini, terpaksa deh gue jawab yang pilihan pertama. Soalnya kalo gue jawab pilihan kedua, jelas-jelas itu ga sesuai kan sama pelajaran PPKn jaman SD dulu. Nah gue pikir-pikir, boleh lah sekali-sekali jawab pilihan yang agak nyeleneh. Lagian, who doesn't sih? Barang sekali dua kali. Come on guys, don't be so munafik lah.

No comments: