Tuesday, June 28, 2011

Another Balikpapan story

Post ini sambungan dari post sebelumnya. Perjalanan gue ke Balikpapan cuma 2 hari aja, karna liburnya cuma weekend. Jadi kita bener-bener manfaatin buat jalan-jalan. No idle time lah pokoknya. So, abis dari penangkaran buaya sama mampir ke pantai buat foto-foto, kita cabs ke lokasi berikutnya. Tapi sebelumnya kita makan dulu, karna perut udah laper banget. Karna kita lebih fokus ke lokasi jalan-jalannya daripada kuliner, dan karna katanya sih kuliner di sini ga spesial-spesial banget, jadilah kita cari makan seadanya aja di sepanjang jalan.

Saking sembarangannya, kita berhenti di sebuah kedai yang cuma jual beberapa menu. Dan pas kita dateng kayaknya cuma ada 2 menu deh: nasi pecel sama nasi campur. Menunya juga simpel banget. Nasi pecel itu cuma ada tauge sama sayuran disiram bumbu pecel, dikasih ayam goreng, sama kerupuk. Nasi campur itu cuma nasi dikasih mi goreng, kering tempe, ayam goreng, sama kuah gitu. Dan seporsinya 10 ribu. Lumayan mahal sih, tapi karna ini judulnya jalan-jalan, ya boleh lah.

Oh, dan satu hal ya, Balikpapan ini kan kota industri. Di sepanjang jalan, ada banyak banget industri, kebanyakan oil and gas sih. Ga kalah juga service company sama kontraktor alat-alat berat gitu. Makanya ga heran kalo tipe kendaraan disini cukup random. Saking randomnya, lagi kita makan tau-tau ada crane lewat aja gitu di jalan. Tapi in the same time, Balikpapan juga kota wisata loh. Bahkan hasil googling semalem sebelum berangkat aja bisa menghasilkan banyak tujuan wisata di Balikpapan ini. Dan semuanya serba ada, terutama pantai. Ada banyak pantai disini. Wisata alam lainnya juga banyak, salah satunya yang satu ini: Enclosure beruang madu.

Yup, jadi beruang madu itu ternyata maskotnya Balikpapan. Bahkan ada boneka beruang madu gitu pas kita masuk ke Balikpapan. Karna cukup penasaran, lokasi wisata yang satu ini wajib dikunjungi banget. Lokasi persisnya gue kurang tau deh, maklum cuma duduk di mobil trus disopirin. Tapi lokasi ini cukup terkenal kok, tanya orang-orang harusnya pada tau. Jadi enclosure ini sistemnya semacam hutan gitu (tempat beruang madunya tinggal) yang dikelilingin pager kawat. Jadi pengunjung cuma bisa liat dari luar pager kawat aja, semacam viewing area lah. Kabarnya sih, pager kawat itu dialirin listrik, biar make sure beruang madunya ga keluar-keluar. Selain enclosure, disini ada juga area informasi gitu. Secara ya, beruang madu kan bukan hewan yang umum, hampir punah lah gitu. Gue aja baru pertama kali nih liat secara langsung.

Anyway, enclosure ini sistemnya mirip di luar deh. Salut. Area informasinya dibuat unik dan menarik. Banyak panel warna-warni gitu, dan penjelasannya cukup ringan dan deskriptif. Ditambah fitur-fitur interaktif gitu deh, mulai dari kuis yang nguji pengetahuan kita tentang kehidupan beruang madu, simulasi seberapa panjangnya lidah beruang madu, bahkan ada kotak yang isinya wangi banget, dan ternyata isinya adalah liurnya si beruang madu. Tapi bener loh wangi, macam parfum ruangan gitu lah, meskipun agak jijik sih nyium-nyium liur. Tapi wangi deh beneran.

Area enclosurenya sendiri ga bisa dimasukin setiap saat. Jadi ada saat-saat dimana beruangnya dikandangin, dan petugasnya nyebarin makanan (kebanyakan sih buah-buahan, terutama nanas) ke area hutan. Nah selama proses itulah, pengunjung ga bisa masuk ke viewing area. Bukan apa-apa, toh ga ada yang bisa diliat juga. Viewing area-nya sendiri kalo ga salah dibuka dua kali sehari aja. Untungnya waktu kita lumayan pas, kita dateng jam 2, dan viewing time-nya ada yang jam 3. Pas deh tuh sejam pertama liat-liat di bagian informasinya, dan jam 3 masuk ke viewing area.

Eh ternyata beruang madunya pinter deh. Bisa aja nyari makanan padahal hutannya lumayan luas. Dan proses mereka makan juga lumayan menarik, soalnya mereka pake manjat-manjat segala ke pohon-pohon, mungkin masih laper kali ya. Jumlah beruang madu disini ternyata cuma 5 ekor. Padahal gue pikir banyak loh, soalnya kan maskot kota. Mungkin karna kebanyakan diburu kali ya, dan mereka juga susah banget beranak. Udah bertahun-tahun, kata pemandunya belom ada bayi beruang madu yang lahir.

Beruang madu yang lagi berusaha nyari makanan
Puas ngeliat-liat, kita lanjut ke pasar oleh-oleh. Namanya Pasar Kebun Sayur. Orang Balikpapan dan sekitarnya pasti familiar lah ya sama tempat ini, soalnya disini emang pusatnya oleh-oleh. Makanya kita sengaja mampir kesini. Lokasinya ada di pusat kota, deket bandara sih katanya (gue sih ga tau pasti ya, again, gue ga terlalu merhatiin jalan).

Sesampainya di pasar ini, ternyata banyak banget yang jualan batu-batuan. Stones and gems gitu lah. Dirangkai jadi macam-macem, gelang, kalung, bros, tas, macem-macem lah. Ada juga barang-barang tradisional setempat gitu, mulai dari sarung tenun, headband ala Borneo, sampe mandau bok. Itu loh, senjata khas Kalimantan gitu. Agak serem juga loh jualnya, secara tajem beneran itu. Gue sempet bingung gimana caranya bawa barang begituan ke airport, secara gunting aja ditahan ya kalo keliatan di x-ray camera. Tapi ga usah repot nanya, si penjual udah nyodorin kita masing-masing satu kartu nama toko itu. Katanya, tunjukkin aja kartu itu ke petugas airport, ntar dibolehin deh bawa mandau. Oh, gitu toh.

Tapi anyway, tujuan gue kesini sih ya cari oleh-oleh makanan lah ya. Makanya gue langsung mampir ke toko jajanan. Ternyata oleh-oleh khas sini tuh ada amplang kuku macan (semacam kerupuk bulet gitu lah), sama olahan berbau kepiting. Kerupuk kepiting, stik kepiting, sampe abon kepiting! Seafood lain juga ga kalah, ada kerupuk cumi (warnanya ga mengundang banget deh, item bok), sama abon ikan tuna. Gue pun coba beli kerupuk sama stik kepiting, pengen nyobain dulu. Kalo beneran enak, rencananya ntar gue mau balik lagi kesini sebelum ke Jakarta. Lumayan lah.

Beres beli oleh-oleh, udah jam 5 aja. Kita mampir bentar beli jajanan, dan balik ke penginapan buat check in sama beres-beres buat cabs ke tujuan berikutnya. Sambung ke next post ya. Still many things to be told!