Wednesday, June 29, 2011

Balikpapan's great!

Masih tentang liburan gue di Balikpapan, kali ini adalah tentang makanannya. Yup, udah puas jalan-jalan seharian, kita balik bentar ke penginapan buat bersih-bersih. Next stop kita adalah tempat makan. Yang kita cari: kepiting Kenari. Jadi restoran yang satu ini udah jadi inceran kita deh. Setiap temen yang gue tanya tentang lokasi kuliner di Balikpapan, pasti semua nyebut nama restoran ini. Di internet pun, restoran ini most recommended. Jadi ga ada alasan buat ga ke restoran ini loh ya. Anyway, lokasinya deket sama airport. Oh, dan parameter enak dan populernya sebuah restoran, bisa juga diliat dari lokasi sekitarnya. Nah di sekitar restoran Kenari ini, banyak tuh restoran kepiting lainnya. Dan katanya enak-enak juga, macam Torani, Dandito, dan lainnya lah. Tapi tetep aja, yang paling enak sih Kenari, katanya.

Pertama masuk sih, restoran ini penampilannya bersih banget. Dan lumayan rame. Ga salah tempat lah ya, restoran ini ga mungkin sebersih ini kalo ga banyak pengunjungnya. Apalagi di Balikpapan ini kan lumayan banyak expatnya. Pas kita makan aja, ada expat yang lagi makan disini juga. Wajar dong kalo tempatnya bersih dan nyaman. Gue makin yakin deh pasti super enak kepitingnya.

Oke, ini menu yang kita pesen. Ada kepiting lada hitam, kepiting saos spesial, udang goreng tepung, udang goreng mentega, sama cah kangkung. Yuk dibahas satu-satu. Eh tapi menurut gue yang paling enak sih kepiting lada hitamnya. Mantap bok! Jadi kepitingnya itu entah gimana lah cara masaknya, bisa berasa garing gitu. Tapi tetep lembut didalemnya. Saos lada hitamnya meresap sampe ke dalam, tapi daging kepitingnya tetep berasa manis. Blom ada tandingannya deh menu yang satu ini. Oh, satu lagi, telor kepitingnya kayaknya agak digoreng deh, berasa garing gitu diluarnya. Enak banget lah. Heaven in the mouth banget loh. Kalo yang saos spesial, agak mirip sama asam manis gitu. Asamnya berasa banget, mirip saos lemon. Enaknya kalah sih sama yang lada hitam.

Kepiting lada hitam, ngeliatnya aja bikin laper
Udangnya, fresh banget. Berasa banget pas digigit, itu udang super fresh. Rasanya juga enak, meskipun ga spesial-spesial banget sih. Tapi yang ga disangka ya, cah kangkungnya entah kenapa berasa enak banget. Feeling gue sih kebanyakan MSG-nya. Soalnya kayaknya ditumis biasa aja gitu, dikasih saos agak item dan spicy. Overall, dinner ini mantep banget deh. Restoran ini fully recommended  buat yang lagi liburan ke Balikpapan. Tapi hati-hati loh ya makan kepiting, lumayan high cholesterol kan itu.

Masalah harga, sebanding lah sama rasa. Seporsi kepiting (kayaknya ada 2 ekor deh) harganya 130 ribu. Udangnya sekitar 50 ribu (gue lupa persisnya berapa). Pokoknya gue kemaren makan bersepuluh habis 600 ribu lah. Itu aja udah enak banget. Nampaknya gue harus balik lagi kesini sebelum bener-bener cabut dari Kalimantan. Puas-puasin makan kepiting.

Abis makan, kita mampir bentar ke mal. Ngerasain night life di Balikpapan. Sekaligus nengok lah, udah 3 minggu loh ga ke mal. Rasanya masuk mal udah kaya ketemu peradaban, super semangat. Oke, jadi kita ke E-walk BSB. BSB itu kalo ga salah kepanjangannya Balikpapan Superblock deh. Katanya mal ini paling bagus di sini. Tapi emang bagu sih. Gue agak terkesan sama konsep indoornya. Ada semacam buletan di tengah mal gitu, isinya tempat makan. Pinggir-pinggirnya ada macem-macem toko yang lumayan berkelas lah. Mungkin kalo di Jakarta, ini kelasnya Taman Anggrek kali ya. Tapi sekali lagi, karna gue kayaknya udah kangen banget sama kehidupan mal, mal ini jadi berasa bagus banget.


Gue ga sendiri loh, temen gue juga berasa gitu. Saking kalapnya, dia beli roti agak berlebihan di Breadtalk. Bahkan hampir mau ngebucks dulu, tapi akhirnya ga jadi karna udah malem dan kenyang. Super deh, ini pasti efek udah lama ga ke kota deh. XXI-nya, juga keren. Tata ruangnya juga udah bagus, mungkin filmnya kali ya yang agak ketinggalan. Tapi wajar sih, soalnya emang agak jauh kan dari Jakarta. Eh tapi kadang gue bingung deh, emang itu film harus ngantri ya buat masuk ke kota yang jauh dari Jakarta? Soalnya setau gue, semakin jauh dari Jakarta, filmnya semakin lambat masuknya. Tapi anyway, gue pengen banget nonton tapi ya ga memungkinkan lah ya secara udah malem. Pulangnya juga musti naik angkot.

Oke, beres jalan-jalan, kita pun dengan rela pulang ke hotel. Harus diakui, perjalanan seharian ini super deh. Efeknya ke badan juga super. Badan gue udah berasa kucel banget, ngantuk juga. Sesampainya di kamar ya, udah ga ada yang banyak ngomong, semuanya langsung tidur. Yup, it’s been a day. An amazing day. Hm, Balikpapan’s great.

No comments: