Monday, June 27, 2011

Vacation at Balikpapan

Yup, sesuai judulnya, kali ini gue akan cerita tentang perjalanan gue ke Balikpapan. Sebenernya ide jalan-jalan ke Balikpapan muncul karna kita (gue dan temen-temen KP) bosen banget entah mau ngapain weekend di Bontang, secara udah dicobain semua tempat wisata. Dan gue juga udah lama banget kayanya ga melihat peradaban dan kemajuan kota, jadilah kita sepakat buat cabs ke Balikpapan.

Saking niatnya, kita berangkat dari Bontang jam 1 pagi (eh jam 1 itu pagi apa malem ya?). Berhubung perjalanan kita 5 jam (iya bok, jalan darat) dan kita ga mau sia-siain waktu lama di jalan karna cuma punya waktu selama weekend doang, jadilah kita cari cara supaya sampe Balikpapan pagi-pagi. Selama perjalanan ke Balikpapan, kata orang-orang sih berliku-liku dan bikin mual. Tapi gue ga ngerasain apa-apa tuh. Mau tau resepnya? Gampang, berangkat malem, minum ant*mo, trus tidur deh. Gue sukses tidur sepanjang perjalanan, dan bangun dengan segernya pas udah nyampe Balikpapan. Oke, call me norak atau apapun lah, tapi bangun tidur trus ngeliat pusat peradaban alias kota tuh rasanya selangit bok!

Kesan pertama, Balikpapan berasa hidup banget. Entah karna mungkin gue udah 3 minggu di kota kecil, atau emang kota ini beneran hidup banget, intinya gue ngerasa oke lah kota ini. Makanya gak heran banyak yang bilang, ibukota Kaltim itu Samarinda, tapi ibukota Kalimantan ya Balikpapan ini. Tata kotanya cukup rapi, di sepanjang jalan dibatasin pager jadi orang ga bisa nyebrang sembarangan. Di beberapa tempat, ada tempat penyebrangan, jadi dibuat gapura gitu ditengah-tengah pager, dan ada zebra cross. Jujur gue terkesan sama tata kotanya, dengan cara kayak gini, orang ga bisa nyebrang sembarangan, mau gak mau harus di zebra cross ini. Ga ribet, ga perlu bangun jembatan penyebrangan (yang akhirnya rusak dan disalahgunakan juga di beberapa kota). Kendaraan disini juga sopan-sopan, dalam arti mereka menghargai pejalan kaki yang mau nyebrang, angkot ga ngetem sembarangan, taman kota juga masih bersih.

Anyway, kita langsung dianter ke kos temen gue yang KP-nya di Balikpapan (shit, enak banget dia). Abis beres-beres plus sarapan bentar, kita cabs ke tujuan pertama: penangkaran buaya. Lokasinya ada di sekitar daerah Teritip, sekitar 1 jam lah dari kota. Dan entah mungkin karna masih ada efek ant*mo kali ya, gue tidur lagi dong sepanjang perjalanan itu. Tapi anyway, sesampainya di lokasi, kita disuruh beli tiket seharga 10 ribu. Ekspektasi lo kalo masuk daerah wisata trus disuruh beli tiket pasti adalah lo bakal disuguhin atraksi apa kek gitu, atau tempatnya bersih kek gitu, atau ga bau kek gitu, atau tempatnya gede banget kek gitu. Kenyataannya adalah, none of those things happens.

Jadi penangkaran ini bener-bener penangkaran doang, banyak kandang-kandang buaya yang isinya buaya gede banget dan banyak. Tapi ya udah, cuma itu doang. Buayanya juga lagi pada males kali ya, mereka diem-diem doang gitu. Karna penasaran, akhirnya kita beli seekor ayam mati seharga 10 ribu buat dilempar ke kolam. Iya, disini jualan makanan buat si buaya juga, mirip-mirip taman safari lah yang di sepanjang jalan ada yang jualan wortel buat makanan gajah. Tapi karna ini ayam ya, mati dan udah dilalatin pula, akhirnya kita nyuruh si abang yang ngelempar ayamnya ke kolam. Dan si abang yang ngelempar juga ga niat gitu, akhirnya cuma dilempar ke pinggir kolam, jadi langsung dimakan sama seekor buaya doang. Padahal ekspektasi gue adalah itu ayam direbutin sama banyak buaya, trus mereka lompat-lompat sambil cakar-cakaran gitu, atau ayamnya masih idup kek gitu, jadi ayamnya juga ikutan lompat, trus buayanya bingung, trus akhirnya mereka gigit-gigitan, jadi kolam darah gitu. Seru kan pastinya.


Tapi anyway, koleksi buaya disini cukup lengkap sih. Mulai dari yang air tawar, air laut, sampe air-air lainnya. Gede-gede pula. Saking gedenya mereka too lazy to move their ass kali ya. Oh, disini juga ada toko oleh-oleh, biasa lah ya, jualan topi gambar buaya gitu, ada patung-patung juga. Ada sate buaya juga, ngebayanginnya aja gue udah ga sanggup, apalagi nyobain. Apalagi ngebayangin buaya-buaya itu makannya ayam mati, tinggal di kolam penuh lumut dan bau entah bau apa. Oh, big no. Oh selain sate buaya, ada juga bagian tubuh buaya lainnya yang mungkin dijual untuk pajangan, mulai dari gigi sampe tangkur (sejujurnya gue ga tau tangkur itu apaan, leave it to om google aja lah ya). Jadi, intinya mereka pelihara buaya sampe gede dan satu persatu dibunuh buat dijual. Poor you mister crocs.

Well setelah beres ngeliat-liat buaya, kita jalan-jalan buat ngeliat peliharaan lainnya. Ada monyet, tupai (yang ini gue ga yakin sih sama bentuknya, bisa aja itu luwak atau apa lah gitu), gajah, dan ada tulisan kandang ular. Iya, tulisan doang, ular benerannya entah dimana.

Nah abis dari sini, kita brangkat ke tujuan berikutnya: pantai Manggar. Sebenernya kita gak berencana buat ke pantai siang-siang jam 12 gitu. Tapi karna lokasinya udah deket, jadilah kita mampir bentar buat sekedar foto-foto. Ga mungkin maen air juga karna panasnya super banget. Sayang, padahal pantainya bersih. Pasir putih, air biru, bersih lah pokoknya. Ya masuknya juga dipungut retribusi sih, 2.500 untuk seorang dewasa, sama 5.000 per mobil. Jadi ya wajib bersih lah ya.


Nah di pantai ini kita beneran foto doang. Kaki gue bahkan ga kena air sedikitpun, karna suasana hati emang males banget maen di pantai tepat di tengah hari. Mana perut laper pula. Akhirnya ga berapa lama, kita cabut buat cari makan. Mau tau kita makan apa? Mau tau tujuan berikutnya apa? Kita sambung di post lain ya, blogger bobok dulu. Catch you very soon.

No comments: