Thursday, June 2, 2011

Balada tugas akhir-part 1

Yeah. I mean yeahh... Satu persatu tugas akhir gue bener-bener berakhir. Buat yang blom tau, di jurusan gue itu tugas akhir ga cuma satu. Ga cuma dua. Tapi ada tiga. Ditambah ujian komprehensif (macam UAN gitu kalo di SMA) jadinya empat. Yeah empat.

Well, kenapa ada banyak banget tugas akhir di jurusan gue, gue juga ga paham. Tapi berhubung dari pas gue pertama masuk juga udah begini keadaannya, ya diikutin aja lah ya. By the way, tugas-tugas akhir itu ada penelitian, rancang pabrik, sama kerja praktek. Gue ngetiknya aja sambil gemeteran ini.

Derita mahasiswa tingkat akhir bahkan udah gue rasakan sebelum bener-bener di tingkat akhir. Iya, soalnya penelitian itu dibagi dua, penyusunan proposal sama penelitian benerannya. Well, kalo proposal sih berhubung penelitian gue agak-agak ngelanjutin topik sebelumnya, jadi ga terlalu beban. Tapi berhubung gue lanjutinnya dengan cara rancang alat baru, penelitiannya nampaknya agak jadi beban. Eh tapi untungnya di dunia tugas akhir ini gue ga bener-bener sendiri. Jadi satu kelompok ada dua orang, dan gue harus bilang partner gue ini makhluk Tuhan yang paling seksi, eh maksudnya paling luar biasa.

Oke oke, kalo a bit tentang penelitian gue udah pada tau lah ya. Udah sempet gue ceritain kan gimana lamanya gue nunggu alat ga jadi-jadi. Terus gimana senengnya pas alat udah jadi. Padahal sih alat jadi artinya mulai ngerun. Ngerun berarti nginep di kampus. Nginep berarti cape. Beneran deh, cape. Mulai sekitar Oktober tahun lalu, gue rutin banget nginep di kampus. Seminggu ada lah sekali. Itu cape loh. Bayangin paginya kuliah plus tugas plus ujian plus urusan organisasi plus asisten plus les, trus malem sampe pagi besoknya nginep di kampus. Nginep disini bukan berarti tidur loh, tapi bermalam di kampus. Bermalam sambil ngerjain run. Besok pagi harus beraktivitas seperti biasa. Itupun kalo dosen seneng sama hasil run kita. Pernah sekali, udah cape banget ga tidur, eh dosen pembimbing malah nyuruh lanjut run sampe siang. Tadinya bahkan mau nyuruh nginep semalem lagi, untung ada keterbatasan alat yang musti dimatiin biar ga rusak, jadinya cukup tengah hari aja. Tapi capenya bo, lari keliling Bandung aja kalah kali ya.

Sampe suatu hari sekitar pertengahan Maret, gue sama partner berasa ini semua harus disudahi. Meskipun blom ada persetujuan dari dosen pembimbing, kita pede aja mulai nyusun laporan. Trus ngasih ke dosen, eh si Bapak malah fine-fine aja. Mulai deh kita berhenti ngerun dan nyusun laporan. Jadi kalo dipikir-pikir lagi, inisiatif itu penting loh. Proses nyusun laporan juga lumayan lama. Revisi dari dosen pembimbing udah jadi makanan sehari-hari deh. Mulai dari yang kurang dibahas, salah rumus, sampe kesalahan bodoh macam lupa miringin bahasa inggris, typo-typo berserakan dimana-mana, dan spasi yang kepencet dua kali (bahkan si Bapak nyadar loh).

Dan semua revisi ini harus diakhiri pada suatu hari dimana gue sadar gue ga punya banyak waktu lagi. Eh maksudnya gue kan mau berangkat kerja praktek tuh, nah berarti musti buru-buru nyelesain laporan biar bisa seminar. Jadilah suatu hari itu gue inget banget tanggal 19 Mei, gue sama partner seharian mondar-mandir kaya dikejer anjing (tadinya mau nulis dikejer setan, cuma blom pernah jadi blom tau rasanya kaya apa). Herannya lagi, pas disaat kita butuh mondar-mandir ketemu pembimbing, si Bapak malah rapat seharian di fakultas. Mana waktu itu kita abis seminar progress penelitian, yang artinya kita pake baju rapi plus pantofel, trus musti mondar-mandir lab ke fakultas berkali-kali. Hasilnya paha gue kaya mau lepas, partner gue bahkan kakinya lecet (ketauan sepatu baru).

Tadinya kita bermaksud mau ngomong ke Bapaknya kalo kita pengen seminar tanggal 30, jadi laporan musti masuk paling lambat tanggal 23 (aturannya harus 5 hari kerja sebelumnya). Eh ga disangka-sangka, si Bapak malah nyuruh seminar tanggal 26. Yang artinya laporan musti masuk hari itu juga. Hari itu juga! Dan laporan gue masih jauh dari kenyataan. Masih revisi dimana-mana. Jadi deh kita kerja agak rodi. Revisi total laporan, trus ke fakultas ngasih liat hasil revisi. Ternyata masih ada revisi, balik lagi ke lab ngerjain, trus ke fakultas lagi. Baru sampe lab, eh udah di-ym aja sama Bapaknya, suruh ke fakultas lagi buat ngurus dosen penguji. Intinya seharian itu ngurus laporan dari yang masih coret-coret sampe jadi dijilid deh. Bahkan beres banget ngeprint juga udah jam 5 sore, dan jilid kilat setengah jem dengan agak maksa sama abang tukang jilidnya. Akhirnya jadi juga si laporan sakti itu.

Tibalah di hari seminar tanggal 26, dimana ternyata gue kelompok pertama yang seminar penelitian. Agak deg-degan juga, tapi harus dibawa tenang kalo gak mau pointer di tangan goyang-goyang. Selesai presentasi, si dosen penguji malah tanya yang gak-gak. Sampe-sampe gue sempet dibilangin gini: “Buat apa kalian penelitian untuk membuktikan sesuatu yang udah jelas teorinya begitu? Kalo gitu sih ga usah pake penelitian, diitung aja juga bisa” Nah loh, gue sama partner udah bingung deh. Untung dosen pembimbing gue yang baik hati ikut ngebantuin, sampe-sampe kita berdua sempet bengong di depan karna si pembimbing malah diskusi sama penguji, ngomongin penelitian kita.

Tapi anyway, lumayan lega juga abis selesai seminar hari itu. Akhirnya kerja keras hampir 1,5 tahun selesai juga. Tinggal prikitilan kecil macam poster sama jurnal, itu sih bisa dikerjain kapan aja. Tapi beneran berasa plong loh abis seminar itu. Apalagi kalo diinget perjuangannya dari semester lalu, atau bahkan 2 semester lalu. Nyusun proposal, mesen alat, ngecekin alat di bengkel, kesel karna alat ga jadi-jadi, masang-masang alat, heboh rebutan alat dan jadwal ngerun (karna terbatas dan banyak yang mau pake), ah semuanya berkesan deh. Banget. Masa-masa nginep juga, mulai dari dikagetin abang KFC malem-malem, dicurhartin pula (dia nanya kenapa mesen malem-malem, pada ga ada yang mau nganter soalnya kampus sepi parah), kesel karna gas abis atau detektor berulah, tidur seadanya di bangku sampe leher sakit banget pas bangun, nonton bareng Saw malem-malem karna ga bisa tidur, ga ngerti cara masang kertas printer sampe harus disodok-sodok pake sendok, nyolong kopi ke lab sebelah, too much! Ini semua ga akan seberkesan ini kalo bukan sama partner gue. Emang seksi deh dia. Terima kasih aja ga cukup rasanya.

Tapi emang bener kata orang, penelitian itu harus dinikmatin. Tepatnya, semua masa-masa susah harus dinikmatin. Karna pasti ada hal berkesannya, dan in my case, justru malah lebih banyak hal berkesannya. Sekarang jadi kangen sama penelitian, tapi GAK deh ya kalo nginep lagi.

No comments: