Friday, June 3, 2011

Balada tugas akhir-part 2

Saking pentingnya TA gue, gue sampe bikin post lagi. Well, sebenernya karna menurut gue TA gue terlalu seru aja untuk ga diceritakan. Sekarang sih berasa serunya, pas ngejalaninnya sih setengah mati juga.

Jadi kalo di post sebelumnya gue ceritain tentang penelitian gue yang berjalan sekitar 1,5 tahun, sekarang gue mau cerita tentang TA gue yang lain, yang tidak lain tidak bukan adalah rancang pabrik. TA ini makan waktu kurang lebih setahun lah.

Jadi udah pernah gue ceritain kan, kalo gue ikutan lomba rancang pabrik yang diadain sama himpunan gue sendiri. Jadi sekaligus ngerjain TA, sekaligus diikutin lomba juga. Dan udah gue ceritain juga kan kalo gue sama kelompok gue menang juara 3. Ya lumayan lah ya, untuk rancangan yang sampe sekarang kita ga ngerti kenapa bisa dipilih masuk finalis.

Nah rancang pabrik ini udah mulai dari sekitar akhir semester 6. Pertama ya biasa lah ya, pilih-pilih temen sekelompok dulu, pilih dosen pembimbing, cari-cari topik. Meskipun terdengar sederhana, kenyataannya ga sesimpel itu loh. Kelompok gue yang sebenernya udah jadi jauh-jauh hari ternyata harus berubah karna salah satu anggota ada yang mau jadi panitia. Jadi kita nyari 1 orang lagi. Well, boleh dibilang cara nyari temen sekelompok itu super subyektif sih, abisnya bebas, pasti pada milih sama temen dong, atau sama orang yang dianggap rajin dan bersedia back up kerjaan gue yang kadang suka males. Nah udah kebentuk kelompoknya, sekarang tinggal cari dosen. Banyak dosen juga yang sempet jadi pertimbangan, mulai dari yang emang keahliannya sesuai tema lomba tapi suka sibuk jadi susah ditemuin, yang sense rancang pabriknya oke banget tapi terkesan galak dan banyak mau, yang profesor tapi agak nyeremin dan suka bikin mahasiswanya berasa bodoh, yang baik hati dan dijamin cepet beres tapi musti sedia banyak stok gosip kalo pembicaraan sama beliau, sampe dosen muda favorit karna ganteng dan rupawan (bener-bener cuma itu loh pertimbangannya).

Akhirnya setelah kita menetapkan hati (maksudnya kelompok udah jadi dan dosen pembimbing juga udah fix), kita mulai deh cari-cari topik. Diskusi sama dosen juga ngehasilin banyak ide yang unik-unik, ada yang nyaranin bikin pabrik coklat lah (tapi ga masuk itungan karna tema lombanya tentang energi), ada pabrik biobutanol (unik kan, tapi ada proses biologinya, ntar takutnya nyerempet ke bioproses), ada juga pabrik biodiesel yang sekarang lagi ngehits banget. Dan karna dosen pembimbing gue lagi hits banget sama teknologi plasma (yang sebelumnya gue ga ngerti itu barang apaan), jadi deh rancangan pabrik gue itu biodiesel pake teknologi plasma.

Oke, teknologi plasma itu bukan teknologi yang udah umum. Artinya masih barang baru, dan lagi dalam tahap pengembangan. Artinya, literaturnya masih dikit banget, kebanyakan tentang teori-teori, sedangkan penerapannya ke rancangan pabrik minim banget. Jadi deh rancangan gue penuh asumsi, ketidakpastian, raba-raba, atau dengan istilah kerennya: lame. Tapi kalo secara ide emang gue akui oke banget. Karna baru itu, jadinya sesuatu yang wah aja, apalagi kalo dilombain. Padahal kalo diliat isinya sih, jauh deh dari kenyataan.

Well, kalo proses ngerjainnya sih udah sempet gue ceritain kan. Dimana gue jadi betah nongkrongin laptop, siklus hidup cuma kos-lab-kos-lab dan tetep ngerjain mulu, dan tidur minim karna dikejer deadline lomba. Anyway karna ikutan lomba ini, jadinya rancangan gue jadi udah selesai duluan (sekitar bulan Maret) dibanding orang lain yang ga ikutan lomba. Sedangkan deadline di kampusnya sih sebenernya akhir semester 8. Tapi udah ikutan lomba bukan berarti rancangan ga ada revisi loh ya. Soalnya pas deadline lomba itu, pembimbing gue lagi di luar negri jadinya ga sempet diskusi banyak. Nah diskusinya justru lebih sering pas selesai dilombain, jadinya rancangan gue masih ada beberapa revisi. Tapi ya namanya revisi, ga seheboh bikin dari awal juga. Makanya waktu temen-temen gue heboh sama deadline TA ini, kelompok gue udah agak santai, jadi bisa ngerjain yang lain. Well ada untungnya juga sih ikutan lomba (dapet juara 3 pula hahaha).

Sesungguhnya gue bersyukur banget pembimbing gue itu ga banyak nuntut macam dosen-dosen lain. Setiap kali pembicaraan, kita lebih banyak diskusi tentang hal-hal yang umum, jarang banget ngomongin detail, kecuali kita yang nanya. Jadi untuk perhitungan-perhitungan, atau asumsi-asumsi gitu jarang banget dicek ulang, padahal kalo mau dicek sih kayanya masih banyak kurangnya. Nah karna tipe pembimbing gue kaya gitu, jadinya TA gue ga seheboh kelompok lain yang dosennya bener-bener meriksain satu-satu. Ya ada ruginya juga sih, jadinya ilmu yang didapat mungkin kurang. Tapi selama kita baca dari literatur yang bener sih, rasanya ga terlalu masalah lah. Anyway, TA ini ditutup dengan sesi seminar yang menurut gue gagal banget. Kenapa gagal?

Jadi koordinator TA ini tuh dosen baru. Technically, dia bukan dosen baru sih, cuma emang gue baru liat karna dia juga baru balik lagi setelah entah dari mana. Dan dari gosip yang beredar sih, dosen ini sengaja dikasih kerjaan buat koordinir TA biar lebih sering dateng ke kampus. Jadi emang bener-bener itu doang kerjaannya, bahkan dia ga ngajar satu mata kuliah pun. Nah, si koordinator ini ternyata ga terlalu mengkoordinasi (menurut gue, beberapa teman, dan beberapa dosen yang curhat) dan ga terlalu sering hadir juga di kampus. Beneran loh, kalo mau ketemu dosen ini harus dihubungi lewat TU, dan cuma satu Bapak TU yang biasa nelpon dia. Jadi semacam messengernya gitu lah. Gue sendiri pernah pengen ketemu dia karna gue pengen minta ganti jadwal seminar, dan nyarinya itu susah setengah mati loh ya. Jam 9 ditelpon, dia lagi ga di rumah. Jam 1, masih blom pulang. HP-nya ga aktif. Jam 16.30 baru ada di rumah, dan akhirnya gue bisa ngomong sama dia, lewat telepon TU.

Anyway, jadi harusnya seminar itu kan idealnya ada pembimbing sama penguji. Kalo ada penontonnya ya alhamdulilah deh. Eh tapi ini malah beda sistemnya, ga pake dosen penguji, dan bahkan si koordinator pun ga hadir. Jadilah cuma kelompok presentasiin hasil rancangan ke dosen pembimbing, yang sebenernya ngebimbing dari awal. Jadi dosen pembimbing itu ngedengerin hasil bimbingannya sendiri, agak aneh kan. Udah gitu ga diwajibkan ada penonton atau gimana lagi. Jadilah presentasi kelompok gue itu, cuma didengerin sama pembimbing, satu kelompok yang baru beres presentasi dan males keluar ruangan, sama 2 temen gue yang kayanya sih nyasar sekaligus ngadem deh.

Udah, cuma gitu doang sesi seminarnya. Maksudnya, ya ga mungkin juga lah ya dosen pembimbing ngebantai kelompok bimbingannya sendiri. More likely than not kalo si dosen pembimbing malah ga terlalu peduli sama sesi seminar ini, sampe ada dosen yang bilang: “Buat apa presentasi, mending pacaran”. Nah loh? Tapi ya kalo buat mahasiswa sih, dikasih yang gampang ya makin baik lah ya. Akhirnya gue cuma seminar 10 menit, ga ada pertanyaan, dan udah. Kelar. Beres.

Sejujurnya gue puas banget sama TA gue yang satu ini. Banyak dapet ilmu baru (karna teknologi plasma yang baru itu), bisa diikutin lomba dan berhasil, dan gue bangga banget sama partner-partner gue yang setia ngerjain bareng gue dan mau ngedengerin bacotan gue yang kadang suka berlebihan. Terima kasih juga buat dosen pembimbing gue yang udah setulus hati ngebimbing dan mau ngelayanin banyak pertanyaan dari kita, meskipun gue tau urusan beliau di luar banyak banget, tapi selalu ngeluangin waktu buat ketemu kita (mana kita sering banget minta ketemu lagi). Aaa makasih ya Bapak yang baik. Selesai juga nih rancangan pabrik kita.

No comments: