Friday, June 24, 2011

Formalitas?

Perusahaan tempat gue KP itu perusahaan nasional. Agak bingung juga sih perusahaan negri atau swasta, karna pas gue tanya ke karyawannya, mereka bilang juga ini statusnya ga jelas. Soalnya sahamnya sebenernya dimiliki negara, tapi dia kayak punya otonomi gitu lah buat ngurus budgetnya. Masalah gaji, juga kebijakan perusahaan sendiri. Nah bingung kan. Tapi intinya ga ada campur tangan pihak luar lah, alias ga internasional. Dan ini gue ngerasain banget bedanya sama perusahaan multinasional, atau kasarnya yang ada bulenya lah. Dan gue kan pernah tuh ya magang di salah satu perusahaan luar, dan itu berasa banget bedanya. Dari segi apapun.

Salah satunya masalah safety. Keselamatan operasi udah jadi isu utama lah ya di hampir semua pabrik, termasuk disini. Kayaknya ga ada pabrik yang ga mengutamakan safety deh. Makanya isu yang satu ini super digembor-gemborkan banget. Mulai dari slogan “safety is number one” dan sejenisnya, baju seragam yang ditempel badge “I’m committed to safety”, sampe segudang peraturan dan poin-poin tentang safety. Ya bagus sih usahanya, tapi kalo tanpa pelaksanaan nyatanya sama aja boong. Loh kenapa gue ngomong gitu?

Jelas lah, disini entah kenapa gue berasa “safety” itu cuma tertulis doang. Artinya kalo dari segi pelaksanaan sih masih kurang. Bayangin aja, masa orang manjat-manjat kolom setinggi 30 meter lebih ga pake body harness. Nah gue juga bingung pas gue liat orang manjat tanpa pengaman begitu, makanya gue tanya kan tuh sama operatornya. Eh si operator malah bilang, kalo manjat-manjat ga perlu lah pake harness. Soalnya di setiap 5 atau 10 meter ada stopping point-nya. Ya emang sih, jadi setiap manjat sekian meter, ada point tempat berhentinya, baru lanjut tangga lagi. Tapi ya tetep aja deh, yang namanya ketinggian, perlu pengaman lah ya. Apalagi tangganya tipe tangga monyet gitu. Kalo dibandingin di perusahaan dulu tempat gue magang, peraturannya jelas: setiap kegiatan yang lebih dari 1,8 meter di atas tanah, wajib pake harness. Dan pelaksanaannya juga jelas, konkrit. Meskipun jarang ada bahaya, tapi kemungkinannnya tetep ada kan.

Itu baru masalah safety. Blom lagi masalah prikitilan lainnya. Macam peraturan tentang batas kecepatan kendaraan. Jadi disini tuh ada aturannya kalo berkendara ga boleh lebih dari sekian km/jam. Cara ngaturnya? Di beberapa tempat di jalanan dipasangin sensor kecepatan, jadi mobil yang lewat bakal ketauan kalo melebihi batasnya. Tapi itu cuma di beberapa tempat. Lah kenyataannya, mobil yang sehari-hari gue pake buat ke kantor, lebih milih jalan muter. Gue awalnya bingung kan, kenapa ni mobil ga lewat jalan utama aja sih. Pas gue tanya, alesannya ternyata buat ngehindarin si sensor kecepatan itu. Alasannya simpel, mereka ga betah nyetir lamban-lamban gitu, tapi kalo ketauan melebihi batas, bonus mereka ntar bakal dipotong. Jadi, aturan tanpa kesepakatan bersama buat ngejalaninnya, sama aja boong kan? Kalo di perusahaan dulu tempat gue magang, ada juga nih aturan kayak gini. Tapi pelaksanaannya menurut gue lebih efektif, yaitu dengan masangin speedometer di setiap kendaraan. Jadi lebih gampang kan ngontrolnya. Kapanpun dimanapun, kecepatan mobil tetep terekam, dan ga bisa disiasatin.

Bukan bermaksud banding-bandingin, cuma alangkah baiknya kan kalo kita bisa belajar dari pihak lain yang lebih baik. Maksudnya gini loh, jangan sampe aturan-aturan cuma sekedar dibuat aja, tapi tanpa pelaksanaan konkritnya. Percuma aja kan. Ya emang harus diakui sih, dari segi compliance emang perusahaan luar lebih oke dari kita. Tapi kita ga dilarang buat nyontoh mereka kan.

Dan satu lagi hal yang bikin gue ketawa, kemaren pas gue pulang kantor, gue ngeliat portal otomatis kantor agak miring. Ternyata portalnya tadi ditabrak mobil. Nah loh, bayangan gue, portal itu kan pasti kokoh banget dong ya. Kalo ditabrak mobil juga mobilnya kali yang penyok, lah ini masa portalnya yang KO. Oh selidik punya selidik, ternyata portal itu cuma berbahan aluminium (yang ini kata sopir gue), didorong pake tangan juga bisa miring. Lah kalo gitu apa fungsinya ya portal? Kalo suatu saat ada yang maksa masuk juga bisa dong berarti? Hm, formalitas?

No comments: